Langsung ke konten utama

Optimizing "Golden Age" in Kids Republic


Hai Bunda..

Sebagai ibu, sudah sadarkah kita bahwa lima tahun pertama kehidupan anak merupakan "Tahun Emas" atau yang biasa dikenal dengan istilah "Golden Age"? Fase ini adalah fase pembelajaran di mana otak anak bekerja secara maksimal menyerap dan menerima segala informasi yang ditemuinya di mana saja.

Di masa Golden Age inilah, kecerdasan anak mulai tumbuh, seiring adaptasinya akan berbagai hal yang ditemuinya dan dijadikan objek rasa ingin tahu, seperti contohnya: Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Kecerdasan Fisik, Kecerdasan Sosial, dsb yang mengandalkan kemampuan kognitif anak.

Apa itu perkembangan kognitif?

Perlu kita ketahui, perkembangan kognitif merupakan sebuah studi dalam ilmu neurosains dan psikologi yang berfokus pada kemampuan anak dalam menerima informasi, keterampilan persepsi, pembelajaran bahasa, serta aspek-aspek lain dalam proses tumbuh-kembang otak anak.

Pada anak usia dini, perkembangan kognitif dikatakan sehat apabila sang anak mampu menyeimbangkan kepintaran Akal, Fisik dan Sosialnya secara sinergis. Perkembangan kognitif lebih banyak berkaitan dengan Akal, yakni meliputi kemampuannya dalam berimajinasi, bernyanyi, mengingat gambar, huruf, angka dan sebagainya. Agar seimbang, anak-anak juga perlu diajak untuk mengasah kecerdasan Fisiknya, misalnya dengan olahraga, menari, bermain di alam dengan hewan, serta kemampuan Sosialnya, yakni dengan membiasakan anak bersosialisasi, bermain dengan teman, atau memilih hobi dan minatnya sendiri. (source: instagram @kidsrepublicschool)


Di sinilah peran kita sebagai orang tua diuji. Kita tentu ingin memaksimalkan potensi anak di usia emasnya ini. Berbagai cara pun kita tempuh untuk mengoptimalkan daya belajar sang anak, agar ia bisa terus bertumbuh dan berkembang dengan baik, namun tak melupakan unsur bermainnya, agar proses learning jadi lebih fun.

Selain belajar dan bermain di rumah, satu solusi yang bisa kita terapkan adalah dengan mengikuti program pre-school, yang lebih akrab di telinga kita dengan sebutan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), di mana anak-anak dikenalkan dengan proses belajar-mengajar, namun tentunya dengan pola edukasi yang lebih ringan dan playful, sehingga anak-anak semakin interested dan antusias untuk memuaskan rasa ingin tahunya di sini. Tak hanya itu saja, anak-anak pun belajar bersosialisasi melalui interaksi yang terjalin dengan guru, petugas sekolah, dan teman-teman sekelasnya. Menarik yaa..


Komitmen inilah yang diusung oleh "Kids Republic", sebuah "one stop learning centre" yang menawarkan pendidikan holistik yang sangat dibutuhkan anak dalam melalui fase "Golden Age". Dari namanya saja, Kids Republic yang berarti Republik Anak, sudah terasa ear-catchy. Udah kebayang deh, wahana pre-school yang sudah berdiri sejak 2014 di Jakarta Timur ini riuh dengan keriangan anak-anak kecil yang asyik bermain dan belajar bersama.

Karena terpancing rasa penasaran, saya pun memutuskan berkunjung ke Kids Republic Bekasi Centre yang berlokasi di Ruko Grand Galaxy (depan Danau Waduk Galaxy), Bekasi, bertepatan dengan Open House-nya yang diadakan saat weekend (Sabtu-Minggu) selama 2 pekan terakhir di bulan Mei lalu. Saya sendiri memilih datang di hari Sabtu, 26 Mei 2018, ditemani suami dan anak.


Ada apa di Kids Republic?

Sekilas dari tampilan luar gedung, Kids Republic Bekasi Centre nampak ceria dengan warna kuning dan biru elektrik, dipadukan dengan hijau rumput sintetis di atas dan bawahnya.

Ketika saya sampai di sana, tempat ini sudah cukup penuh dengan orang tua dan anak-anak yang antusias dengan program-program yang ditawarkan di Kids Republic, termasuk fasilitas, ruang kelas, tenaga pengajar, pola edukasi, permainan, dll.


Di Kids Republic, anak-anak tak hanya diarahkan untuk pandai secara akademik, tapi juga cemerlang dari segi moral, spiritual, logika, kreativitas dan kemampuan interpersonalnya.

Dengan 3 program yang ditawarkan, yaitu: 1) Education, 2) Gymnastic &  Health, dan 3) Fun CreativeKids Republic menerapkan atmosfer belajar dan pengalaman yang menyenangkan untuk si kecil, untuk mendukung perkembangan kognitifnya.

Fasilitas yang ditawarkan Kids Republic

Dalam menjalankan komitmennya, Kids Republic memiliki visi menyiapkan pemimpin masa depan, dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki anak pada masa emasnya, memaksimalkan kecerdasan intekektual, moral, dan spiritualnya, didukung sarana pengajar, fasilitas, dan lingkungan sekolah yang layak bagi anak-anak.


Nah.. untuk fasilitasnya sendiri, Kids Republic punya:

  • Peralatan gym lengkap khusus anak, didampingi oleh instruktur yang kompeten.
  • Area indoor untuk aktivitas (Dance, Ballet, Yoga, Little Futsal, Intro to Sport, dan lain-lain).
  • Kelas ber-AC dan CCTV
  • Ruang kelas yang dilengkapi alat permainan Montessori
  • Library Corners pada masing-masing kelas
  • Gardening Area
  • Indoor Playground
  • Arts and Craft Space
Aktivitas Penunjang Proses Belajar-Mengajar


Untuk mendukung penerapan edukasi holistik di Kids Republic, diadakan kegiatan-kegiatan menyenangkan, yang bisa memancing minat dan rasa ingin tahu anak, di antaranya:
Fun Gym, Music and Movement, Experiental Cooking, Art and Craft, Gardening, Story Telling, Early Reading Program, Thematic Projects, Celebrations (Birthday Party), Field Trip, Bahasa Indonesia, dan Kelas Agama.


Lokasi

Buat Bunda yang penasaran, boleh banget lho datang untuk liat-liat, tanya-tanya, atau ngajakin anaknya main dan belajar nyobain Free Trial Class di Kids Republic. Silahkan datang aja langsung ke alamat ini:

Kids Republic Bekasi Centre
Grand Galaxy City, Jalan Pulo Sirih Barat, Ruko Arcadia Blok Bd 111, 112, 115 (depan Danau Waduk Galaxy)
Bekasi, Jawa Barat


Thank You for Reading, Bunda..
Dont Forget to Have Fun 😊

Komentar

  1. fasilitas dan aktivitasnya seru-seru banget ya

    anak-anak pasti betah dan happy bersekolah disini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transformasi Puskesmas Minasa Upa Menuju Peningkatan Derajat Kesehatan Warga Makassar

"Mau miskin, mau kaya, semuanya berpotensi sakit. Makanya kita terus berinovasi di bidang kesehatan.."


Pernyataan di atas disampaikan langsung oleh Bapak Ir. Muh. Ramdhan Pomanto (Walikota Makassar) dalam sambutannya saat berkunjung ke Puskesmas Minasa Upa, Senin 9 Oktober 2017. Kunjungan tersebut sekaligus untuk meresmikan UPTD Puskesmas Minasa Upa Makassar.


Bagi saya, kunjungan Bapak Walikota yang akrab disapa dengan nama "Pak Danny" ini sangat spesial, karena Puskesmas yang tepat berada di depan rumah saya ini banyak memberi kenangan tersendiri.



Wajah Baru Puskesmas Minasa Upa


Boleh dikata masa kecil saya dihabiskan dengan bermain bersama teman-teman sekompleks di daerah BTN Minasa Upa. Bahkan di sore hari, saya dan teman-teman sering main petak umpet di pekarangan dan ruang tunggunya yang dulu masih berbentuk semi terbuka.

Dulunya, Puskesmas yang berada di Kelurahan Karunrung, Kecamatan Tamalate ini hanya berupa bangunan sederhana 1 lantai. Seiring waktu, ia te…

Kota Anging Mammiri Semarak Dibuai Kilau F8

"Anging Mammiri Kupasang..
Pitujui Tontonganna..
Tusaroa Takkalupa.."

Selalu terharu, bahkan bisa menitikkan air mata saat mendengar lagu Anging Mammiri mengalun ketika kebetulan saya sedang jauh dari kampung halaman.. Rindu sudah pasti, tapi jika kaki masih jua di tanah rantau, belum sanggup beranjak pulang, apa mau dikata.. Hanya doa yang terangkai, agar rasa ingin berjumpa ini cepat-cepat tuntas.. Menghitung hari.. Membayangkan sanak saudara di pelupuk mata..

Kemudian.. syukur luar biasa saat melihat kota Makassar ini sudah berkembang jauh. Mungkin karena kemajuan jaman yang berpengaruh banyak pada perubahan tingkah laku, kebutuhan, dan gaya hidup masyarakatnya, Makassar kini tumbuh menjadi kota metropolitan. Pembangunan dengan pesat telah mengisi sendi-sendi kehidupan di kota yang terkenal dengan Pantai Losari ini.

Banyak yang berpendapat seperti ini.. "Tak lengkap rasanya bila ke Makassar tapi belum pernah berkunjung ke Pantai Losari..". Oleh karenanya, tak meng…

Nia Ramadhani Buka Toko "Roti Mama Nia" di Kota Makassar

Apa menu favoritmu saat sarapan? Atau.. kalo lagi gak pengen makan yang berat-berat, apa makanan ringan yang jadi pilihanmu sebagai teman bersantai atau bekerja?

Beragam pilihan makanan bisa jadi jawaban, tergantung selera masing-masing.. Tapi kalo aku sih,  jawabannya simple aja: Kalo bukan kue, ya roti, alasannya karena lebih gampang didapat dan pilihan rasanya juga variatif.
Roti termasuk salah satu penganan yang selalu berinovasi dari waktu ke waktu. Sejarah mengungkap bahwa awal mula perkembangan roti dimulai dari daerah Mesir dan Mesopotamia, di mana ketika itu manusia mulai menjadikan gandum sebagai makanan pokok.

Seiring waktu, manusia mulai menemukan cara yang lebih baik untuk mengolah gandum agar menjadi makanan yang lebih enak dan layak dikonsumsi, yaitu dengan dilumatkan dengan air hingga menjadi pasta, dipanaskan di atas api, lalu dikeringkan. Roti bahkan pernah menjadi penanda strata sosial manusia kala itu, tergantung dari warna rotinya. Semakin gelap warna roti, maka …