Serunya Arisan Inspirasi Bersama Mom Debbie Majida Shinta

Semua ibu pasti ingin memberi yang terbaik untuk anaknya. Hanya saja, rasa pesimis dan tidak percaya diri terkadang menghampiri. Apalagi untuk ibu yang minim pengalaman mengurus anak, seperti saya. Namun, saya tak ingin tinggal diam. Saya selalu berusaha mencari cara untuk memperluas pengetahuan tentang cara merawat dan mengasuh anak dengan baik. Mulai dari bertanya dan berbagi info dengan orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman berpengalaman, browsing info di internet, baca buku, hingga mengikuti seminar-seminar dan workshop seputar parenting.




Makanya nih.. aku antusias banget saat dapat undangan di event Arisan Inspirasi yang diadakan Dancow Inspiring Mom 2018 "Debbie Majida Shinta". Kenapa aku bisa segitu excited-nya?
Mom Debbie Majida Shinta (kanan)

Awalnya nih, entah kenapa, membayangkan kata arisan, aku sempat merasa kurang tertarik. Aku memang kebayang suasana arisan yang identik dengan pengundian, terus yang menang berhak atas uang yang terkumpul dari para peserta arisan (beranggotakan ibu-ibu) dalam nominal tertentu. Aku kepikiran juga kata "inspirasi" yang disematkan di belakang kata "arisan" berarti di sana bakalan ketemu dengan sesama ibu-ibu di acara tersebut, bisa jadi ajang sharing para Ibu tentang problema sehari-hari.

Arisan Inspirasi Dancow bertabur hadiah dari sesi door prize dan quiz

Tapi.. karena memang penasaran, saya coba cari infonya di google dan bertanya juga sama temen-temen yang udah pernah ikutan, ternyata aku salah besar.. Arisan Inspirasi with Dancow Inspiring Mom murni adalah ajang berbagi inspirasi seputar parenting yang digelar seorang Dancow Inspiring Mom, jauh dari image arisan yang kubayangkan sebelumnya. Apalagi nih, ada kuis dan door prize berhadiah juga.. Makanya aku pengen banget datang..

Mom Debbie dan Kak Isye, dua wanita inspiratif yang siap berbagi info dan tips menarik seputar parenting di Arisan Inspirasi Dancow

Apalagi, setelah datang langsung dan merasakan sendiri, ternyata nih atmosfer acaranya dikemas sangat santai, dan yang paling bikin lebih excited lagi adalah karena di acara ini aku bisa ngajak anakku untuk ikut seru-seruan juga dengan sesamanya anak-anak. Wah.. pas banget kan?

Anakku juga excited ikutan Arisan Inspirasi Dancow ini, karena bisa ketemu teman-teman baru..

Arisan Inspirasi yang berlangsung pada 19 Juli 2018 di Starlight Coffeebreak di bilangan Pondok Bambu Jakarta Timur ini menjadi momen pertama kalinya aku bertemu dengan Mom Debbie Majida Shinta, sosok Dancow Inspiring Mom yang sehari-harinya bekerja sebagai Community Manager di Radio U FM (94,7). Mom Debbie yang merupakan ibu dari 2 anak ini juga aktif di komunitas UFM Moms Community.

Mom Debbie Majida Shinta bersama Bloggers di Arisan Inspirasi Dancow Inspiring Mom

Dengan segambreng kesibukan ini, Mom Debbie masih menyempatkan diri untuk share tips dan pengalaman seputar parenting kepada peserta Arisan Inspirasi. Salut deh..

Berbagi Cerita "Iya Boleh"

Kita sebagai orang tua dianjurkan jangan cepat berputus asa dan terus optimis, percaya bahwa dengan tulus memberikan nutrisi, stimulasi, dan cinta, bisa memicu semangat belajar kita untuk mengenali, menghadapi, dan membimbing si kecil untuk bereksplorasi di masa pertumbuhannya, tentunya didukung dengan asupan gizi seimbang sesuai masa pertumbuhannya.

Asyik deh.. ketemu temen-temen sambil nyimak penjelasan Mom Debbie

Sebagai aplikasinya, Mom Debbie berbagi cerita "Iya Boleh" kepada para peserta Arisan Inspirasi. Apa sih maksudnya iya boleh? Apa ada hubungannya dengan pola asuh anak? Ternyata nih.. setelah dijelaskan oleh Mom Debbie, dua kata tersebut merupakan representasi cara tepat mendampingi anak belajar hal-hal baru, dengan tidak menghalanginya untuk mengeksplorasi apapun yang menjadi objek rasa ingin tahunya.

Mom Debbie menjelaskan, sebagai orang tua, kita harus berani mengatakan "Iya Boleh" kepada anak saat ia penasaran ingin melakukan atau mengetahui sesuatu yang menurutnya menarik.

Hal yang bisa aku tarik dari penjelasan Mom Debbie adalah, jika kita ingin melindungi anak dari hal-hal yang kita takutkan, seperti kotor, alergi, ataupun sakit karena terjatuh atau tertusuk benda tajam, maka kita sebagai orang tua harus menyikapinya dengan bijak, bukan dengan jalan melarang, namun dengan membolehkannya.

Sebagai orang tua, kita harus aktif menstimulasi perkembangan dan semangat belajar anak dengan membolehkannya bereksplorasi

Tujuan pembolehan ini tentu saja untuk memberinya kesempatan belajar hal-hal baru dari objek di sekitarnya sebagai media pembelajaran. Hal ini penting sebagai upaya stimulasi perkembangan anak agar optimal. Lalu, untuk meminimalisir hal-hal yang kita takutkan tadi, sebagai orang tua, kita wajib melakukan pendampingan dan pengawasan penuh. Kalau perlu, kita bisa ikut bermain juga dengan anak, menjawab setiap pertanyaan yang ada di benaknya secara bijak dengan cara-cara yang fun. Seru banget kan?

Penerapan "Iya Boleh" ini bisa kita lakukan saat mengajak anak bermain di Playground. Setiap anak menampakkan ekspresi penasaran dengan setiap mainan yang ditemuinya, Mom Debbie menyarankan kita untuk menyambut antusiasme anak dengan membolehkannya bermain. Jika permainannya terasa ekstrem, kita sebagai ibu tidak boleh takut, karena ketakutan bisa menular ke anak. Justru, dengan menemaninya bermain bersama, aktivitasnya akan terasa lebih menyenangkan.

Contoh lain adalah ketika anak ingin bermain dengan hewan, misalnya kucing. Kita jangan takut duluan dengan ancaman alergi bulu ataupun jijik dengan kotoran yang menempel di badan hewan tersebut. Justru anak bisa belajar banyak dari hewan sebagai sesama makhluk hidup yang wajib kita jaga. Kalau perlu, kita bisa mengajak anak berkunjung ke kebun binatang untuk sama-sama belajar mengenali berbagai jenis hewan di sana.

Seminar Nutrisi dari Ahli

Selain berbagi cerita "Iya Boleh", Mom Debbie juga didampingi seorang Pakar Gizi, kak Reisye Chairunnisa untuk berbagi wawasan seputar pemberian nutrisi dan pola makan yang tepat untuk anak di masa pertumbuhan.

Kak Reisye Chairunnisa (kanan)

Agar lebih mudah dipahami, Kak Isye (sapaan akrab kak Reisye menjelaskan tentang Pedoman Gizi Seimbang bagi anak dalam Piramida Makanan.

Piramida Makanan (source: instagram @hmb_store)

Piramida Makanan bisa menjadi panduan porsi makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak, kuncinya seperti ini:

  1. Membatasi asupan garam, gula, lemak, dan minyak
  2. 2-3 porsi sumber protein nabati (susu, yogurt, keju) dan sumber protein hewani (daging, telur, ikan)
  3. 2-3 porsi sayuran dan 3-5 porsi buah
  4. 3-8 porsi Karbohidrat (roti dan cereal yg sudah terfortifikasi, nasi, dan pasta)
  5. 8 gelas air
Dengan memperhatikan dan menerapkan pola makan ini, para ibu bisa lebih tenang karna kebutuhan nutrisi anak sudah tercukupi dengan seimbang.

Porsi makanan dengan nutrisi seimbang untuk menu harian si kecil

Kak Isye juga menerangkan bahwa susu bukanlah hal wajib lagi bila anak sudah diberi asupan makanan seimbang seperti pola piramida tersebut. Namun, untuk anak di atas usia 6 tahun sudah disarankan minum susu sebagai penyokong kebutuhan nutrisi harian anak.

Tips Mom Debbie Majida Shinta

Di Arisan Inspirasi bersama Dancow Inspiring Mom ini, Mom Debbie Majida Shinta juga menjelaskan 3 modal tumbuh kembang optimal anak, yaitu Nutrisi, Stimulasi, dan Cinta dari orang tuanya. Ketiga aspek ini harus saling sinkron satu sama lain, sebagai bekal anak meraih masa depan cemerlang.

Foto bareng Mom Debbie, Bloggers, dan Peserta Arisan Inspirasi Dancow Inspiring Mom

Mom Debbie juga bilang, dalam mengasuh anak, orang tua harus punya 3 kunci ini:
  1. Investasikan waktu untuk si kecil setiap hari
  2. Fokus untuk memberikan waktu berkualitas bersama anak
  3. Konsisten memberikan kasih sayang secara utuh kepada anak.

Kelak, sikap kita ini bisa jadi bekal untuknya bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta merangsang kreativitas, kepercayaan diri, dan keberanian anak di masa depannya.

Kita happy banget bisa ikut Arisan Inspirasi nih..

Senang sekali bisa dapat banyak inspirasi di acara ini 😊 Semoga acara seperti ini bisa sering-sering diadakan yaa.. Aamiin..

Komentar

Posting Komentar

Check My Popular Post, guys..