Sabtu, 08 September 2018

Ada yang Beda di Combi Run 2018

"Combiphar konsisten menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menerapkan gaya hidup sehat dan juga aktif, salah satunya melalui Combi Run 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata Combiphar, Championing a Healthy Tomorrow untuk menciptakan generasi Indonesia yang lebih sehat." (Michael Wanandi - Presiden Direktur Combiphar)



"Siapa kita? INDONESIA!" Jargon penyemangat ini semakin viral aja ya, bahkan sampai ASIAN GAMES 2018 usai.. Euforia dukungan kepada para atlet nasional pun masih ramai bergema di mana-mana, satu kebanggaan yang menularkan semangat positif ke jiwa kita, bersyukur dan bahagia karena menjadi generasi yang bisa menjadi saksi langsung sebuah sejarah besar, bahwa Indonesia pernah menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia, di mana Jakarta dan Palembang terpilih sebagai kota penyelenggaraannya.

Gairah sportivitas inilah yang ingin terus digelorakan oleh Combiphar sebagai perusahaan consumer healthcare terdepan di Indonesia yang telah berdiri sejak 1971, dengan mengadakan sebuah event lari terpercaya yang selalu dikelola secara serius dan terorganisir dengan baik untuk para pelari dan pelaku hidup sehat, Combi Run 2018.

Presiden Direktur Combiphar, Michael Wanandi

Dalam acara Press Conference Combi Run 2018 yang diadakan pada 6 September 2018 di Hard Rock Cafe Pacific Place Jakarta, Michael Wanandi selaku Presiden Direktur Combiphar menyampaikan rasa syukur dan bangganya karena tahun ini merupakan tahun keenam penyelenggaraan Combi Run, dimana Combiphar secara kontinyu rutin mengadakan event lari terpercaya yang direkomendasikan oleh komunitas pecinta lari di Indonesia.

Karena besarnya animo dan apresiasi banyak pihak, baik dari kalangan komunitas lari maupun masyarakat luas, Pak Michael yakin event Combi Run 2018 dapat menstimulus generasi muda Indonesia dalam membudayakan gaya hidup positif, kompetitif, sekaligus menyehatkan, melalui olahraga lari.

Press Conference Combi Run 2018, menghadirkan Michael Wanandi (Presiden Direktur Combiphar), Yasha Chatab (pendiri Indorunners), Andreas Kansil (Race Director Combi Run 2018)

Turut hadir pula pada Press Conference ini, Yasha Chatab, pendiri Indorunners, komunitas penggemar olahraga lari terbesar di Indonesia. Dalam sambutannya, Yasha mengaku sangat mengapresiasi konsistensi Combiphar menyelenggarakan Combi Run setiap tahunnya, disertai berbagai peningkatan kualitas, di antaranya:

  • Tahun 2013, Combi Run pertama dengan rute sejauh 2,5km, dimulai dari pelataran kantor Combiphar melalui kawasan SCBD dan Jalan Jenderal Sudirman di Car Free Day ini mengambil tema "Berlari untuk Berbagi". Uniknya, di sini Combiphar menggandeng IndoRunners untuk mengajak dan mendidik masyarakat Indonesia dalam mengadopsi pola hidup sehat.
  • Tahun 2014, Combi Run dilaksanakan di Alam Sutera Tangerang dengan tema "Celebrate Life" dengan kategori 5K, 10K, dan Kid's Dash. Kegiatan ini didasari niat untuk mengedukasi pentingnya hidup preventif melihat penyakit gaya hidup atau lifestyle trend diseases yang kian meningkat.
  • Tahun 2015, Combi Run kembali digelar di Alam Sutera Tangerang. Di tahun ini, Combi Run memantapkan standar pelaksanaan lomba lari melalui kemitraannya dengan Pandara Sports, yang sang pendirinya, Andreas Kansil juga merupakan Race Director Combi Run 2015.
  • Tahun 2016, event lari bergengsi Combi Run 2016 diadakan di The Breeze BSD City ini menyajikan kategori baru yakni Ekiden 10K, untuk memperebutkan hadiah bergengsi dengan mengikuti Singapore Marathon 2017 kategori 10K. Selain itu, ada kategori estafet, individu 5K dan 10K, Kid's Dash, dan Master 45+.
  • Tahun 2017, Combi Run berlokasi di QBig Bumi Serpong Damai City, Tangerang Selatan, dengan menawarkan kategori lomba baru Half Marathon 21K individual, Half Marathon Ekiden atau estafet berkelompok yang diikuti komunitas lari dari siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).
Setelah bertransformasi selama 5 tahun, Combi Run terus melakukan perbaikan-perbaikan setiap tahunnya, dengan mempertimbangkan dan mengikuti berbagai masukan (feedback) berbagai pihak yang disampaikan pada Combiphar.

Pak Michael, Mas Yasha, dan Mas Andreas menunjukkan kaos t-shirt seragam yang akan dikenakan peserta Combi Run 2018

"Kami memiliki visi mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dengan berlari. Visi yang sejalan dengan Combiphar untuk Championing a Healthy Tomorrow ini mendorong kami berkolaborasi melalui serangkaian kegiatan olahraga lari yang merupakan bagian dari Combi Run 2018. Kami berharap kerjasama ini dapat meningkatkan minat masyarakat secara luas untuk mengadopsi lari menjadi bagian hidup mereka," kata Yasha.

Andreas Kansil, Race Director Combi Run 2018 menyampaikan hal senada, di mana Combi Run adalah salah satu event lari yang paling ditunggu-tunggu. Agar dapat mewujudkan pengalaman berlari bagi para pesertanya, Combiphar menggandeng Sinarmas Land, QBig, dan Gold's Gym sebagai sponsor Combi Run 2018.

"Combi Run dikenal sebagai lomba lari yang mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan para peserya pada setiap penyelenggaraannya. Selain rute yang didesain untuk memaksimalkan peserta meraih waktu terbaiknya, kami juga telah menyediakan kelengkapan lain, diantaranya jersey, finisher medal, tim marshal, hydration point, refreshment setelah berlari, layanan fisioterapi, serta perlindungan asuransi untuk memberi rasa aman dan nyaman selama berlari," tutur Andreas.




Combi Run 2018, Momen Kelahiran Combi Run Academy

Di judul artikel ini, saya menyebut bahwa ada yang beda di Combi Run 2018 ini. Dengan mengambil lokasi yang sama dengan tahun sebelumnya yaitu QBig Bumi Serpong City, Tangerang Selatan, Combi Run 2018 memperlombakan kategori Half Marathon 21.1km, 10K, 5K, Ekiden 20K beregu (1 tim terdiri atas 4 orang) yang hanya diperuntukkan bagi para peserta dari pelajar dan Komunitas Lari.

Combiphar dan IndoRunners kompak berkolaborasi menggagas Combi Run Academy, satu hal yang membedakan Combi Run 2018 dengan tahun-tahun sebelumnya.


Adapun kategori Kids Dash dibagi menjadi:
  • Gazelle Kids Dash berjarak 800 m untuk anak-anak kelompok umur 5-6 tahun.
  • Zebra Kids Dash berjarak 800 m untuk anak-anak kelompok umur 7-8 tahun.
  • Cheetah Kids Dash berjarak 1600 m untuk anak-anak kelompok umur 9-10 tahun.

Lantas, apa sih yang membedakan Combi Run 2018 dengan tahun-tahun sebelumnya? Ternyata nih, ada inisiatif Combiphar untuk menciptakan generasi muda berprestasi di bidang olahraga lari, dengan memperkenalkan Combi Run Academy. Di sini, para peserta yang terdiri atas siswa-siswi dan guru SMA akan diedukasi tentang perwujudan teori dan teknik yang telah diberikan di Combi HOPE Healthy Living Education.

"Combi Run Academy terlahir dari sebuah pemikiran, di mana Combiphar melihat semangat siswa-siswi SMA yang berprestasi dalam mengikuti program CSR HOPE Healthy Living Education mengenai gaya hidup sehat dan aktif. Supaya semangat ini dapat ditularkan lebih luas lagi kepada masyarakat, tahun ini Combiphar melahirkan program unik yang menjadi pembeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni Combi Run Academy, yang memberi kesempatan pada siswa-siswa tersebut untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan berkompetisi secara sportif," kata Pak Michael.

Untuk menciptakan bibit generasi Indonesia yang lebih sehat dan berprestasi, Combi Run Academy memiliki 3 pilar utama, antara lain:

  1. School engagement, di mana sebelumnya Combiphar telah bekerjasama dengan 15 sekolah di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Masing-masih sekolah melakukan seleksi, kemudian merekomendasikan 10 siswanya untuk berpartisipasi dalam Combi HOPE Healthy Living Education dan 1 guru olahraga untuk mendapatkan edukasi mengenai olahraga lari dari Combiphar.
  2. Parameter Test, dilakukan dengan mengedukasi siswa-siswi SMA tentang teknik lari yang tepat, serta memberikan mentoring yang baik mengenai kompetisi lari. Edukasi ini tak hanya diberikan kepada muridnya saja, namun para guru juga mendapat arahan agar ilmunya dapat menjadi bahan ajar kurikulum olahraga di sekolah.
  3. School Competition, di mana peserta disiapkan untuk berkompetisi antarsekolah. Di sini, para siswa akan mengumpulkan poin dengan waktu sebagai tolok ukurnya, ditentukan pada Combi Run dan event-event lari terkemuka lainnya.

Di Combi Run Academy ini, Combiphar bekerjasama dengan IndoRunners untuk menjalankan visinya menciptakan generasi yang lebih sehat dan berprestasi. Inisiatid kegiatan yang merupakan perpaduan CSR Olahraga Combi Run dan CSR non-Olahraga Combi Run yang baru pertama kali diadakan ini rencananya akan dilanjutkan di tahun-tahun mendatang.

Oke teman-teman.. Selamat berkompetisi.. Jangan lupa untuk bersaing secara sehat yaa, seperti kata-kata Via Vallen dalam lagu Meraih Bintang berikut:

"Kalau menang berprestasi..
Kalau kalah jangan frustasi..
Kalah menang solidaritas..
Kita galang sportivitas.."

Oh iya.. untuk info lengkap mengenai Combi Run 2018 maupun registrasinya, silahkan langsung akses www.combirun.com ya temen2..

Salam Healthy Living..






36 komentar:

  1. Program combi run academy ini unik ternyata. Guru olahraga dapet coachingan tentang lari dari pakarnya. Begitu pula siswa/i yabg ikut.

    BalasHapus
  2. Baru tau ada komunitas pecinta olah raga lari loh, hehe. Kemana aja ya diriku. Wow, ada kompetisi buat anak-anak juga ternyata yaa, tambah seru.

    BalasHapus
  3. wih.. acara nya bisa buat anak juga ya? keren juga nih inovasinya

    BalasHapus
  4. Wah sudah 5 tahun berjalan ya berarti, semoga combi run academy bisa tercapai visi misinya karena memang bagus 😊

    BalasHapus
  5. Pingin ikutan gabung juga tapi bisa ga ya, soalnya kan saya suka angot-angotan olahraganya

    BalasHapus
  6. Keren yah project nya. Sayang jauh banget dari rumah ku. Coba didepok ada juga yang seperti ini. Stay healthy yah!

    BalasHapus
  7. Komplit ini, ya. Gak hanya untuk orang dewasa. Anak-anak pun bisa ikut :)

    BalasHapus
  8. Combiphar sudah membuktikan komitmennya di bidang kesehatan, keren ya

    BalasHapus
  9. Combiphar makin keren programnya...
    Oia aku baru ingat ke tempat ini loh tapi tanggal 6 kalo gak salah hehe

    BalasHapus
  10. Wah di QBic dekat nih dari rumah, ikutan ah yang 5K sekalian siapa tau masih kuat buat 5K

    BalasHapus
  11. Wah keren Combiphar sudah bekerjasama dengan dunia pendidikan. Semoga kedepannya bukan cuma tentang lari, tapi mendukung pendidikan dari segala arah.

    BalasHapus
  12. Siapa kita... Indonesia... mau banget ikutan Combi Run 2018 ini semoga dimudahkan untuk mengikutinya ya ka.. program CSR Combiphar sangat luar biasa ya untuk generasi bangsa Indonesia yang lebih sehat

    BalasHapus
  13. Terobosannya keren banget ini combiphar. Jadi menggalakkan hidup sehat.

    BalasHapus
  14. Selain sehat fisik, Combiphar juga menyehatkan prestasi pesertanya ya. Tertarik juga mau ikutan lari, bukan dari kenyataan loh ya...

    BalasHapus
  15. Kegiatan Combi Run ini memang sangat diperlukan agar budaya gaya hidup sehat tak sekedar gaya hidup tapi juga bermanfaat bagi kesehatan ya mba

    BalasHapus
  16. Eh aku kmrn kelewatan jerseynya haha.
    Udah tahun keenam luar biasa konsisten ya programnya. Pengen ikutan sih, tapi kyknya kudu latihan dulu biar gak kaget saat lari :D

    BalasHapus
  17. Waah keren nih program2nya apalagi yg school engagement. Ga hanya prduli kesehatan, tapi juga terjun ke pendidikan ya 😍

    BalasHapus
  18. Suka sama lagu Via Vallennya :)

    BalasHapus
  19. Combiphar makin berpreatasi aja ya mbak, jadi ingat lagu via vallen yang bikin bergetar saat dinyanyikan oleh beberapa negara

    BalasHapus
  20. Wow! Keren makin tambah seru aja nih pasti acaranya. 👍😎

    BalasHapus
  21. sekarang ada CombiRun Academy ya, makin banyak nih saingannya hehe.

    BalasHapus
  22. Mau banget ijutan Combi Run 2018 ini, apalagi setelah melihat websitenya, hadiahnya gede-gede. 😃

    BalasHapus
  23. Aku pas baca postingan lagi Via Vallen jadi nyanyi sendiri masa. Masih teringat jelas momen Asian Games kemarin ya Mba.

    BalasHapus
  24. Wahhh, swru banget nih, selain sehat juga bermanfaat dan menyenangkan pastinya. ..

    BalasHapus
  25. Ada kategori Kids Dash juga ya. .Boleh ni di jadikan ajang family dating juga. Bagi yang punya anak dan memang minat sama olahraga lari. Lumayan buat dijadikan pengenalan pertama ttg lomba lari itu kayak gimana ya kak..

    BalasHapus
  26. Even yang kembali digelar dan banyak diminati masyarakat penggiat lari, semoga tahun ini berjalan lancar, aamiin

    BalasHapus
  27. Aku daftar dulu jadi anak SMA nya bisa gak yah biar dapat oelatihan dari yang ganteng2 ini huhu

    BalasHapus
  28. waaah konsepnya bagus, apalagi lokasinya nyaman di bsd, aku jd pengen ikutan

    BalasHapus
  29. Salut sama Combi Run ini karena mengajak masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa untuk mencintai olahraga lari dan hidup sehat.

    BalasHapus
  30. nungguin diadain di Jakarta. kok beberapa tahun belakangan jadi di BSD terus ya. kenapa milih di BSD ya??

    BalasHapus
  31. Semangat yaa .. sehat jasmani dan rohani banget ini, juga bisa mencerdaskan juga .. sukses untuk combirunnya ya mbak

    BalasHapus
  32. Belum pernah ikut eventnya combiphar run nih. Klo sekarang sih kayaknya gak mungkin karena aku udah dilarang lari. Hiks sedih deh, padahal dulu rutin banget lari 5K

    BalasHapus
  33. Yukk mbaa lita ikutan Combi Run ini. Kayaknya seru banget bisa berparstisipasi

    BalasHapus
  34. Aku penasaran pengen dapat kaosnya hihi

    BalasHapus
  35. Combi run kategori lombanya lumayan banyak ya, aku taunya paling 5K, 10K, half marathon. Apalgi ada yang kids, pasti seru banget. Harus mulai latihan nih kalo mau ikut biar gak kaget kakinya.

    BalasHapus
  36. Acata combi run tahun ini dilaksanakan di Qbig BSD ya, keren nih tahun ini juga ada combi run academy

    BalasHapus