Perencanaan Keuangan Tepat untuk Antisipasi Resiko Kesulitan Tak Terduga


Teman-teman.. apa kabar di awal bulan ini? Kalo kata orang yaa.. tanggal baru begini tuh harus hati-hati menjaga keuangan agar tidak kebablasan atau habis sebelum gajian lagi, karena kalau habis duluan ujung-ujungnya bisa-bisa ngutang lagi.. Mending kalo ada yang mau meminjamkan.. Kalo ngga ada, gimana? Lebih parah lagi.. kalo kita tidak punya cukup dana untuk membayar hutang tersebut.. Aduhh.. bisa-bisa stres..



Makanya nih.. Sebisa mungkin kita harus punya cara jitu untuk mengelola keuangan sendiri, apalagi jika kita sudah berkeluarga.. Kebutuhan sehari-hari termasuk makan, laundry, uang sekolah anak-anak.. Itu semua harus dicatat secermat mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan semacam tekor..

Sebenarnya, kita tak dapat menampik fakta bahwa beda orang, beda pula kondisi keuangannya. Namun, bukan tak mungkin orang yang tadinya menderita kesulitan keuangan, perlahan-lahan bisa bangkit meraih kesuksesan dan kesejahteraan dengan bermodalkan 1 kunci saja: perencanaan keuangan yang tepat.



Bukan tak mungkin juga bahwa orang yang tadinya kaya raya, entah karena warisan atau kenaikan jabatan dengan gaji tinggi, bisa jadi melarat disebabkan kurang antisipatif menghadapi hal-hal tak terduga yang bisa jadi malapetaka. Akibat tak ada kepedulian untuk berinvestasi sejak dini, disertai amburadul-nya pembukuan yang mengakibatkan besar pasak daripada tiang, malah kelimpungan dengan musibah terlilit hutang atau ketidaksediaan dana menghadapi hal-hal tak terduga.

Pencerahan ini saya dapatkan ketika mengikuti Mini Workshop Keuangan by Allianz Indonesia bersama para Bloggers di Allianz Tower Lantai 7, Ruang Bandung.
Kelas berlangsung seru karena kondisi keuangan kita direpresentasikan dalam format games Monopoli.. Ayo, masih ingat permainan ini nggak?



Di permainan Monopoli, kita dilatih untuk pandai menentukan skala prioritas dalam hidup termasuk dalam menghadapi kondisi siklus perekonomian yang kadang berubah tanpa bisa diprediksi. Jika ekonomi bertumbuh stabil seiring meluasnya lapangan kerja, maka aman. Tapi, kenyataannya tak semulus itu. Ekonomi selalu mengalami pasang-surut fluktuatif. Jika melemah, perusahaan tempat anda bekerja bisa saja kena imbas berupa penurunan angka pemasaran, sehingga terpaksa harus mengurangi jumlah karyawan dengan jalan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Pikiran mulai diliputi rasa khawatir ketika dibawa berlayar ke masa beberapa puluh tahun ke depan. Semua terasa abstrak, seolah kita belum punya pegangan untuk melangkah pasti. Apa penyebabnya? Karena masa produktif lebih banyak diisi dengan menghambur-hamburkan pengeluaran untuk hal-hal impulsif yang tidak penting, atau mungkin saja dana yang sudah kita alokasikan untuk masa depan ternyata salah tempat.



Tentunya kita tidak mau bila menderita kebangkrutan atau dililit utang di masa depan. Akibatnya bisa fatal.. Tidak bisa menikmati masa tua dengan tenang.. Dan.. lebih buruknya lagi, kita tidak bisa mewariskan apapun kepada anak cucu kita..

Ternyata nih.. menabung, investasi, membeli properti, sama pentingnya dengan membeli perlindungan asuransi. Alasannya, karena asuransi menjadi cara tepat untuk memproteksi diri dari berbagai kejadian-kejadian tak terduga, seperti sakit, atau dipecat dari perusahaan tempat anda bekerja.

Dengan asuransi, kita bisa memperoleh banyak manfaat, di antaranya:
- Manajemen resiko
- Membantu dalam kesulitan
- Persiapan masa depan
- Perlindungan aset
- Bayar hutang



Untuk membantu kita menyiasati segala hal tak terduga menyangkut keuangan kita, Allianz Indonesia menawarkan berbagai keuntungan berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi syariah, asuransi kumpulan, dan asuransi umum.

Salah satu asuransi jiwa dari Allianz yang bisa kita nikmati adalah Allianz Smartlink Flexi Account Plus Istimewa, yang sekaligus dapat memberi kesempatan berinvestasi dari polis asuransi jiwa. Selengkapnya bisa dicek di https://www.allianz.co.id/produk.

Oke teman-teman, pada tulisan selanjutnya, saya akan membahas lagi mengenai kesempatan untuk berinvestasi bersama Allianz melalui produk asuransi..
Sampai ketemu yaa..

Komentar

Check My Popular Post, guys..