Senin, 22 Oktober 2018

Susu Tepat untuk Balita Picky-Eater

Mommies.. apakah anak balita anda termasuk picky-eater atau suka pilih-pilih makanan? Pernah kesal saking susahnya mengajak anak makan? Cara apa yang dipakai untuk menyiasati si picky-eater? Apa pernah terpikir untuk mencari susu tepat untuk balita picky-eater? Peluncuran Susu Curcuma Plus membantu kita menjawab permasalahan ini.

Susu Tepat untuk Balita Picky Eater
Adakah susu tepat untuk balita picky-eater? (picture combined from Google)

Jujur nih Moms, saya pun merasakan drama picky-eater ini.. Sejak anak saya sudah masuk masa MPASI, tepatnya ketika ia berusia 6 bulan, di situlah tantangan yang cukup menguji kesabaran ini dimulai. Disuapin nasi gak mau, bubur gak mau, sayur gak mau. Eh giliran ketemu yang manis-manis atau kriuk baru deh semangat pengen ngunyah sampai habis.

Lebih parahnya lagi, anak saya yang sangat picky-eater ini kurang begitu suka dengan susu anak, entah itu susu formula atau susu UHT. Ia betah sekali mengonsumsi ASI, bahkan di saat usianya sudah melewati masa ASI Eksklusif, lebih dari 2 tahun. Kondisi ini diperparah ocehan-ocehan orang yang bilang kalau saya tidak becus dalam hal pemberian nutrisi pada anak. Drama banget kan?

Menyikapi Balita Picky-Eater

Kebiasaan picky-eater pada masa balita adalah hal yang cukup mengkhawatirkan karena bisa mengganggu keseimbangan asupan gizi anak. Fakta yang sangat menakutkan adalah resiko terjadinya stunting yang dapat mengganggu keberlangsungan tumbuh-kembang anak.

Perlu kita ketahui, stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan (tubuh dan otak) anak akibat kekurangan gizi dalam waktu lama, menyebabkan tubuh anak jadi lebih pendek dari anak normal seusianya, dan memiliki keterlambatan berpikir.

Lantas, gimana sih trik paling jitu untuk menyiasati pemberian makan anak untuk tumbuh-kembang optimal?

Susu Tepat untuk Anak Picky-Eater
Mengajak anakku yg termasuk picky-eater untuk makan sadalah hal yang cukup menantang dan butuh kesabaran ekstra

Sebagai seorang ibu, kita tak boleh terlalu lama berkecil hati. Motivasi itu kadang datang dari anak kita sendiri, wajah mungilnya yang ceria itu selalu memunculkan semangat baru untuk terus mengupayakan yang terbaik, mencari solusi yang paling tepat untuk mengantisipasi sikap picky-eater ini.

Dalam sebuah Health Talk and Press Conference "Siasati Pemberian Makan Anak Untuk Tumbuh-Kembang Optimal" bersama Curcuma Plus dan SOHO Global Health di Plataran Menteng, diketahui bahwa picky-eater itu bukanlah sebuah masalah besar bila kita bijak menyikapi. Justru, kebiasaan pilih-pilih makanan ini adalah bagian dari proses perkembangan anak.

Susu Curcuma Plus, Susu Tepat untuk picky eater
Health Talk and Press Conference "Siasati Pemberian Makan Anak untuk Tumbuh-Kembang Optimal" bersama SOHO Global Health, lewat produk terbarunya, Susu Curcuma Plus

Hal tersebut disampaikan narasumber Prof. Dr. dr. Rini Sukartini, SpA(K) dalam materinya di acara ini. Menurut ibu yang akrab disapa Prof Rini ini, setiap anak, termasuk si picky-eater,  memiliki hak untuk memilih makanan yang mereka sukai, sebagaimana Pasal 4 UUPA yang nenyatakan setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar.

Hanya saja, orang tua perlu pintar-pintar berkreasi, seperti Nagita Slavina yang kerap menciptakan kesan menyenangkan untuk Rafathar, memvariasikan waktu makan dengan hal-hal baru, termasuk mengajak anaknya yang kini berusia 3 tahun ini memasak dan makan bareng.
Nagita Slavina dan Rafathar Malik Ahmad (dok. Curcuma Plus)

Sementara itu, Tari Sandjojo, Psi., seorang psikolog anak yang juga bertindak sebagai pembicara di health talk ini menjelaskan beberapa cara yang bsia kita praktekkan untuk menyiasati anak picky-eater, diantaranya:

  • Menentukan menu makanan anak, memperhatikan preferensinya, dan menyelipkan menu baru atau menu tidak favorit yang wajib dikonsumsi, seperti sayuran atau buah ke dalam makanan yang kita beri untuk anak
  • Menentukan waktu makan yang konsisten agar anak terlatih mengikuti jadwal makan sesuai yang ditetapkan
  • Menyediakan area makan yang menyenangkan tanpa distraksi ke gadget, mainan, atau TV agar anak fokus melakukan kegiatan makan pada tempatnya
  • Orang Tua harus sabar dalam mengenalkan menu baru, variasikan porsi makan
  • Ingatlah bahwa anak akan makan jika lapar, jadi tak perlu terlalu memaksa anak jika ia belum mau makan
  • Variasikan acara makan dengan hal-hal menyenangkan agar anak bersemangat untuk makan
  • Dengarkan anak dan biarkan ia memilih makanannya

susu curcuma plus untuk picky eater
Tari Sandojo, Psi. (dok. Curcuma Plus)

Fakta dan Resiko Balita Picky-Eater


Prof Rini juga memaparkan bahwa ada 3 jenis kebutuhan anak yang harus dipenuhi dalam masa tumbuh-kembangnya, yaitu: kebutuhan fisis-biomedis, kebutuhan akan kasih sayang, dan kebutuhan akan stimulasi/rangsangan.

  • Kebutuhan fisis-biomedis anak bisa diperoleh dari nutrisi sehat dan seimbang (4 sehat, 5 sempurna), ASI Eksklusif, MPASI, dan makanan khusus anak
  • Kebutuhan kasih sayang bisa kita berikan saat mengajak anak makan, melatih kesabaran kita sebagai orang tua dalam mendidik anak terbiasa makan
  • Kebutuhan anak akan stimulasi yaitu dengan merangsang sensorisnya untuk bermain, berkomunikasi, bicara, dengan orang tuanya.


Siasati Picky eater dengan susu tepat
Prof. Dr. dr. Rini Sukartini Sp.A(K)

Kekhawatiran orang tua terhadap anak picky-eater terkadang tanpa sadar mengarahkan ke cara yang salah, salah satunya dengan memberi susu anak sebanyak mungkin sebagai solusi mencukupi kebutuhan gizi anak, padahal sebenarnya susu hanyalah pelengkap.

Dalam sebuah penelitian, terkuak fakta bahwa 75% anak picky-eater mulai menolak makan saat usia 1 tahun. Beberapa di antara balita picky-eater berusia 3 tahun memiliki kebiasaan minum susu dalam volume yang besar.

Seperti yang kita ketahui, susu sangat penting sebagai sumber asupan kalsium untuk anak, namun kelebihan susu ternyata bisa menyebabkan penurunan nafsu makan. Konsumsi susu dianjurkan tidak lebih dari 3 gelas setiap hari.

masalah picky eater
Begini kondisi dan resiko yang sering terjadi pada orang tua dan anak yang bermasalah picky-eater (dok.Curcuma Plus)

Sebaiknya kita tidak panik menghadapi gejala picky-eater, namun kita pun tidak boleh menganggapnya sepele. Bila tidak diatasi dengan tepat, picky-eater dapat menyebabkan anak malas makan, sehingga anak bisa menjadi cepat lesu, tidak bersemangat, kurang konsentrasi, bahkan beresiko sakit.

Seharusnya anak selalu bersemangat mengeksplorasi banyak hal yang ditemuinya, agar bisa tumbuh dan berkembang sehat juga cerdas. Jika fisiknya lemah, anak picky-eater bisa saja terasingkan dari pergaulan karena sikap pilih-pilih atau menghindari makan.

Susu Tepat untuk Balita Picky-Eater


Ternyata nih, ada satu cara yang bisa kita lakukan untuk merangsang nafsu makan anak, yaitu dengan menggunakan temulawak (Curcuma xanthorrhiza) yang merupakan bahan herbal alami Indonesia yang telah digunakan turun-temurun dan memiliki manfaat kesehatan yang sangat luas sebagai penambah nafsu makan yang sehat.

Oleh karenanya, SOHO Global Health yang selama ini kita kenal sebagai produsen vitamin Curcuma Plus, turut meluncurkan produk terbarunya yang juga memanfaatkan khasiat temulawak sebagai wujud kepeduliannya terhadap kesehatan anak Indonesia, yaitu Susu Curcuma Plus, susu tepat untuk balita picky-eater.

Susu Tepat untuk balita picky eater
Sylvia A. Rizal, Vice President Marketing SOHO Global Health (source: CurcumaPlus)

Dalam susu Curcuma Plus, kebaikan temulawak diformulasikan dengan susu dalam bentuk dan penyajian yang inovatif, sehingga lebih enak, dan disukai oleh anak, termasuk balita picky-eater, demikian disampaikan Sylvia A. Rizal, Vice President Marketing SOHO Global Health.

Dalam Susu Curcuma Plus, Soho mengkombinasikan Susu New Zealand berkualitas dan temulawak organik, serta diperkaya dengan minyak ikan, 11 vitamin dan mineral, dengan rasa yang disukai anak.

Susu Curcuma Plus terbuat dari Susu New Zealand berkualitas dan temulawak organik, diperkaya minyak ikan, 11 vitamin dan mineral (source: CurcumaPlus)

Ada yang spesial di Health Talk and Press Conference ini, yaitu kehadiran Nagita Slavina sebagai Brand Ambassador Susu Curcuma Plus bersama anaknya, Rafathar Malik Ahmad. Selain berbagi, Nagita turut menyampaikan rasa bangganya terpilih sebagai Brand Ambassador Susu Curcuma Plus, sekaligus Alfamart, top retail di Indonesia, yang juga ikut menjual produk susu Curcuma Plus.

susu curcuma plus untuk picky eater
Peluncuran simbolis produk Susu Curcuma Plus (dok. Curcuma Plus)

Dengan keterlibatannya ini, Nagita sangat antusias dan berharap bisa ikut berperan membangun kesadaran para Ibu mengenai pentingnya menjaga nafsu makan anak agar bisa makan lahap dan bergizi, sehingga tumbuhkembangnya optimal, salah satunya dengan memberikan Susu Curcuma Plus ini sebagai susu tepat untuk balita picky-eater.

Oh iya.. bukan hanya anak picky-eater aja lho yang bisa minum Susu Curcuma Plus. Susu ini bisa diminum oleh anak yang telah lepas dari ASI hingga anak usia sekolah. Penyajiannya sangat mudah, cukup dengan melarutkan 4 sendok makan Susu Curcuma Plus ke dalam 1 gelas air (sekitar 180ml) untuk membantu anak mendapatkan gizi yang cukup.

Minum susunya.. Lahap Makannya..

Susu Curcuma plus tepat untuk picky eater

Oh iya.. untuk Mommies yang ingin tau info lebih banyak tentang Susu Curcuma Plus yang merupakan susu tepat untuk balita picky-eater ini, langsung aja kunjungi instagramnya di www.instagram.com/curcumaplus.id.

Oke Mom.. sekian info saya tentang susu tepat untuk balita picky-eater. Sampai jumpa di info penting berikutnya 😊 Semoga bermanfaat.. Salam..

28 komentar:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat buat ibu-ibu yang punya balita.

    BalasHapus
  2. Anak saya suka buah.. Jadi seringnya lebih milih makan buah, ga suka ngemil jajan yang lain nih.. Noted bisa coba pakai curcuma deh😊

    BalasHapus
  3. Tadinya anakku picky eater tp aku kasih curcuma plus yang sirup itu sekarang lahap .. Next coba susunya deh.. Thankyou sharingnya ya mom

    BalasHapus
  4. anakku picky eater sih mba dan badannya kruus kerempeng udah coba susu sebelah yang katanya bisa gendut yg gendut bukannya badannya malah pengeluaran wkwkk jadi mau coba susu curcuma ini siapa tahu cocok

    BalasHapus
  5. Iiih penasaran banget sama rasanya. Anakku agak picky eater sih pengen juga ah cari susu curcuma plus semoga bisa meningkatkan nafsu makannya.

    BalasHapus
  6. Anak saya pernah minum susu ini.
    Anak saya lebih drama, udah picky eater, kurus pulaaak.
    Makin deh di nyinyirin orang hahaha

    BalasHapus
  7. Ya ampun ternyata bahaya juga ya sering minum susu. Anak jadi kurang napsu makan. picky eater akan membuat si anak pilih makanan. Curcuma alias temulawak terkenal membuat napsu makan.

    BalasHapus
  8. Jadi sekarang produk curcuma plus itu gak hanya berupa vitamin ya? Uda bikin susu juga? Baru tau nih. Ntar coba mau lihat2 di Alfamart deh

    BalasHapus
  9. Rasanya hampir semua orangtua pernah mengalami anaknya di fase picky eater ini ya Bun. Termasuj saya juga. Cuma saya termasuk masih bersyukur Erysha termasuk yang mudah. Saya pun berusaha di rumah memperhtikan makanannya. Brusaha gizi seimbang walau terkadang tetep ada juga dramanya hahaha

    BalasHapus
  10. diperlukan kesabaran dan jangan cepat panik kalau anak mengalami picky eater ya, Cari solusinya supaya kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi

    BalasHapus
  11. Setahu aku curcuma plus itu vitamin buat penambah nafsu makan anak dan sekarang sudah ada produk susunya lagi. Wah, solusi tepat nih mbak buat anak-anak yang picky eater.

    BalasHapus
  12. Wow... inovasi terbaru ya susu curcuma. Anaknya doyan mba? Rasanya gimana tu kaya jamu nggak? Hehe

    BalasHapus
  13. Senengnya ya ada susu Curcuma plus jadi kalau anak susah makan tinggal minum itu aja nutrisinya lengkap terus enak pula.

    BalasHapus
  14. cocok nih buat bungsuku..picky eaternya parah hiks!
    Boleh deh coba susu Curcuma plus

    BalasHapus
  15. Pengen cobain susu curcuma plus, Ada rasa coklatnya gak ya ?
    Solusi anak-anak yang rada susah makan nih.

    BalasHapus
  16. Wah si dede picky eater ya mba? Bener banget ibunya harus sabar ya mba. Tp keren ya ada inovasi baru dr Curcuma Plus sbg asupan nutrisi bikin anak makan lahap

    BalasHapus
  17. Menarik nih, anakku yang pertama picky eater banget. Dulu emang pernah ngaruh pakai produk yang mengandung curcuma. Pengen coba susu ini ah kapan-kapan.

    BalasHapus
  18. Dulu waktu ngurus keponakan yg super duper picky eater ketemu sm vitamin curcuma plus
    Sekarang anakku picky eater ketemu lg sm susu curcuma plus

    BalasHapus
  19. Baru tahu nih kalo ada susu Curcuma Plus. Keponakanku kalo susah makan biasanya minum madu dan Curcuma Plus yang buat napsu makan anak itu.

    BalasHapus
  20. Aku jadi mau coba susu curcuma plus ini.. bingumg juga puny anak yg pilih2 makan ya... pusin

    BalasHapus
  21. Minum susu tetap lahap makan, biasanya sebaliknya kalau minum susu nggak mau makan ya. Buibu nggak perlu bingung lagi deh kalau anak susah makan

    BalasHapus
  22. Kebayang sih gmn mumetnya klo anak susah mkn dan pilih pilih mknan. Maunya itu lagi itu.lagi padahal blm tentu mknan yg dia suka dpt memenuhi kebutuhan nutrisinya. Susu curcuma ini bisa jd solusi yg membantu ibu mengatasi masalah pemberian mkn pd anak

    BalasHapus
  23. Anak saya gak picky eater tapi makannya gsk banyak suka-suka dia banyaknya, kadang cuma 2 suap. Hiks bikin galau emaknya. Ini bisa buat balita susu curcumanya? Berarti untuk anak 1,5 tahun bisa ya?

    BalasHapus
  24. Darell suka sekali susu Curcuma Plus, katanya enak, kemarin nyoba yang rasa madu. Semoga setelah minum rutin susu curcuma plus jadi makin lahap makannya dan gak pilih2

    BalasHapus
  25. Aku akan sarankan susu Curcuma plus ini buat keponakanku deh, mba. Soalnya dia makannya susah. Susu Curcuma Plus ini dijamin efektif deh karena bisa nambah nafsu makan

    BalasHapus
  26. Wah kyknya ini cocok buat anakku yg picky eater mbak.
    Bahan curcuma emang kyknya secara tradisional tu dikenal sbg obat buat menambah nafsu makan :D
    Oh ya apa udah ada di supermarket mbak?

    BalasHapus
  27. kecil dulu suka minum curcuma plus, sampe ponakan dan next nafeesa juga aku kasih ah. tapi baru tau kalo ada susunya juga mba

    BalasHapus
  28. Kalau ingat Curcuma Plus ini, ingat vitamin yang aku konsumsi dulu masih kecil

    BalasHapus