Kamis, 31 Januari 2019

Pentingnya Mengembangkan Kesadaran Lingkungan, Konservasi Alam, dan Animal Quotient Pada Anak

Moms.. when we were a child, how often we heard about enviromental issues?

Laporan Living Planet 2018 dari WWF mengungkap populasi margasatwa menurun 60% hanya dalam 40 tahun, sebagai akibat dari tindakan eksploitasi yang dilakukan manusia, sehingga habitat alami margasatwa berkurang.

Sebagai orang tua, pengetahuan kita tentang pelestarian alam mungkin boleh dikata masih minim, sehingga dibutuhkan kesadaran untuk memperluas lagi pandangan kita tentang alam, bukan hanya untuk kita saja, namun dengan melibatkan anak-anak kita untuk lebih aware dengan lingkungan sekitar, termasuk dengan hewan-hewan yang ada di sekitar kita.

Anak-anak peserta workshop ZooMoo berfoto dengan para pembicara

Sebagai bentuk kepedulian terhadap problema ini, ZooMoo (saluran TV edukasi dan entertaining tentang satwa untuk anak-anak) bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (afiliasi lokal The Nature Conservancy) mengadakan fun workshop bertema "The Importance of Teaching Children about Nature and Conservation".

Workshop ini ditujukan kepada ibu dan anak untuk memperdalam wawasan parenting kita tentang pelestarian hewan, alam, dan pentingnya konservasi lingkungan sedini mungkin, serta mengenali Animal Quotient.

Saya dan Radit, anak saya, sangat antusias bisa ikutan di workshop yang diadakan pada 26 Januari 2019 ini, karena dari sini kami memperoleh banyak sekali informasi penting dan menyenangkan dari para pembicara yang hadir, diantaranya Stella Seet (Brand Manager Zoomoo), Sally Kailola (pecinta lingkungan dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara), serta Merry Inggriani (ibu selegram cilik Baby Moonella).


Pengenalan Nilai Animal Quotient dengan Cara Fun Kepada Si Kecil

Pada dasarnya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan ketertarikan besar dengan dunia hewan. Mereka dengan mudah membangun hubungan emosional dengan hewan. Saat beranjak dewasa, rasa ingin tahu mereka terhadap hewan juga semakin tinggi.

"Umumnya, anak-anak menyukai hewan berbulu dan biasanya memiliki boneka hewan sebagai mainan pertama mereka", kata Miss Stella. "ZooMoo bisa menjadi ensiklopedi yang memberi informasi seputar kehidupan hewan serta alam dalam konsep yang menghibur dan mudah dipahami oleh anak-anak," lanjutnya.

Workshop ini membahas pentingnya pengenalan dunia hewan dan konservasi alam kepada si kecil, agar kepedulian mereka terhadap lingkungan bisa berkembang

Dalam workshop ini, ZooMoo dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara juga mengenalkan nilai Animal Quotient (AQ) yakni pemahaman anak mengenai hewan, mencakup deskripsi, karakteristik, perilaku, serta habitatnya kepada anak-anak.

Penurunan spesies hewan tentu menimbulkan kecemasan besar akan punahnya margasatwa di muka bumi ini. ZooMoo hadir untuk membantu meningkatkan AQ anak, disertai kesadaran dan kepedulian mereka terhadap alam sekitar, dengan menghadirkan berbagai pilihan program yang menghibur, interaktif, dan edukatif.

Aplikasi ZooMoo, Gerbang Interaktif Menuju Pulau ZooMoo

Jika sebelumnya ZooMoo memperkenalkan dunia hewan secara edukatif dan entertaining kepada anak2 melalui saluran TV Zoomoo. Dari tangan kreatif beberapa pembuat film kehidupan alam liar terkemuka di dunia dan pendidikan usia dini, ZooMoo menghibur anak-anak dengan keajaiban dunia hewan. Harapannya, ZooMoo bisa meningkatkan hubungan emosional si kecil dengan alam.
Kali ini, untuk semakin memperluas dan memperkuat pembelajaran tersebut, hadir Aplikasi ZooMoo yg menjadi gerbang ke dunia interaktif yang bisa diakses anak2 via gadget, menuju Pulau ZooMoo, dimana anak-anak bisa berjumpa dengan karakter hewan animasi Jelly Jamm, serial prakarya Kooki's Crafty Show, ensiklopedia hewan ZooMooPedia, dan serial favorit Lost! dan Teddies yang saat ini sudah memasuki musim terbaru.

Saya dan Radit senang bisa ikutan workshop yg fun dan edukatif ini

Dengan aplikasi ZooMoo ini, orang tua juga harus melibatkan diri untuk berinteraksi, berbicara, dan mengenali koleksi hewan-hewan di ZooMoo bersama si kecil.

Aplikasi ZooMoo yang juga menawarkan pengalaman belajar nama dan suara hewan dalam video ini bisa di-download secara gratis di AppStore atau Google Play.. Have Fun!

Yuk lebih peduli dengan alam dan mari bersama-sama menjauhkan populasi margasatwa di dunia dari kepunahan..

#PlaywithZooMoo

25 komentar

  1. Inovatif sekali ya mbak, yuk kita kampanyekan bersama untuk peduli terhadap lingkungan

    BalasHapus
  2. wah ada baby moonella..lucu banget itu anak..gemes lihat pipinya.

    aku langsung penasaran sama apalikasi zoo moo biasanya nonton channelnya di tv..memang seru buat anak anak

    BalasHapus
  3. Bagus banget ya kak ini zoo moo. Baru tahu saya. Plus ada aplikasinya juga. Bisami saya download di hpnya kemenakanku. Thank you kak 😘

    BalasHapus
  4. Menarik nih, bisa jadi salah referensi buat anak belajar mengenal kehidupan fauna.

    BalasHapus
  5. Sejak kecil memang anak-anak perlu dikenalkan dengan hewan, anak-anak saya dirumah juga memelihara hewan dan secara tidak langsung mengajarkan rasa tanggung jawab terhadap hewan yang dipeliharanya

    BalasHapus
  6. Menarik juga, hanya mungkin lebih menarik jika anak banyak berinteraksi langsung dengan dunia dan lingkungan nyata.

    BalasHapus
  7. Setuju sekali dengan melibatkan anak dan menanamkan nilai-nilai rasa kasih sayang terhadap sesama, misalnya pada sesama manusia, hewan, maupun alam telah membantu kesadaran lingkungan sedari dini, smoga dengan adanya aplikasi ZooMo yang mengemban nilai tsb semakin mendukung terciptanya sinkronikasi antara perkembangan literasi digital dengan tindakan melestarikan lingkungn.

    BalasHapus
  8. Saya tiba-tiba ingat anak tetangga kos yang masih umur 2 tahunan. Alih-alih sayang binatang, dia justru suka kejam sama binatang. Kucing dia cekik, dia injak, siram air. Suka sedih campur jengkel saya lihatnya.

    Orang tuanya juga cuek saja lihat kelakuan anaknya. Justru tetangga yang gregetan.

    BalasHapus
  9. Idenya bagus
    Khusus mengajarkan anak peduli lingkungan, khususnya binatang, ya. Anak2 tentu senang belajar dengan cara menyenangkan.
    Kalau sudah kenal melalui ZooMoo, kelak belajar Biologi akan lebih mudah bagi Radit.😍

    BalasHapus
  10. wah, saya penasaran dengan aplikasi ZooMoo ini, kayaknya bukan cuma untuk anak-anak deh, hihi. Thanks sharingnya kak, rekomended nih

    BalasHapus
  11. penting banget ini mengajarkan hal2 positif sprti ini pada anak,, selain anak lebih tau banyak hal anak2 jga dilatih utk terbiasa dgn binatang ...

    BalasHapus
  12. penting sekali untuk mengenalkan anak-anak pada alam dan hewan. semoga makin banyak aplikasi seperti ini.

    BalasHapus
  13. Setelah baca tulisan ini, rasanya pengen review aplikasi dari ZooMoo.. Mungkin saya bisa menemukan hal baru dari aplikasi ini..Apalagi ada materi edukasi di dalamnya..

    BalasHapus
  14. Aplikasinya mengedukasi ya buat anak. Mereka jadi mengenal hewan dengan cara yang menarik. Mau donlot buat Pica aah...

    BalasHapus
  15. Sya baru saja baca tulisan ilmi tentang betapa trgantungnya anak2 skarang dengan gadget. Yg solusinya untuk mengurangi kuantitas bermain gadget atau menggantinya dengan hp biasa buat anak.

    ZooMoo menurut sya adalah salah satu alternatif baru. Solusi yg ditawarkan bukan menggannti gadget, tapi merubah orientasi anak untuk bermain gadget. Kren.

    BalasHapus
  16. Yup...kayaknya patut di ikutin nie kalau ajak sikecil bermain kurangin main gadget gitu yaahh....bagus juga zoomoo ini solusi baru..

    BalasHapus
  17. Ternyata Zoomoo ini bagus banget, jadi solusi baru biar anak-anak jadi gak banyak main gadget ya

    BalasHapus
  18. Bagus juga aplikasi ini. Daripada anak-anak hanya nonton youtobe dan film2 yang tidak mendidik, lebih baik mereka belajar tentang hewan.

    BalasHapus
  19. Penting ya ini kak Pengenalan Nilai Animal Quotient dengan Cara Fun Kepada Si Kecil

    BalasHapus
  20. Penting ya ini kak Pengenalan Nilai Animal Quotient dengan Cara Fun Kepada Si Kecil

    BalasHapus
  21. eh aplikasi gratis? download ah zoomoo, buat bahan belajar anak. Makasih infonya yaa Mbak

    BalasHapus
  22. wah serunya cara belajarnya adek radit.. sudah tau hewan apa saja sekarang adek radit kak?

    BalasHapus
  23. Keren ini aplkasinya bisa offline lagi alternative anak ketimbang main game lbih ZooMoo Ada edukasinya

    BalasHapus
  24. Alam dan hewan wajib banget ini dikenalkan kepada anak-anak ya Mba
    aku suka banget ini kalo ada aplikasi macam ZooMoo Banyak memberikan edukasi kebaikan

    BalasHapus
  25. Aku suka juga aplikasi zoomoo hehehe udah download, pasti anak2 happy banget mainan kayak gini yah

    BalasHapus

© read and share..
Maira Gall