Senin, 01 April 2019

Solusi Digital Cerdas untuk Pelaku Bisnis Kuliner



Perkembangan teknologi gak hanya memanjakan para millenials, tapi juga mewadahi kita untuk bisa meraih sukses dengan mudah, tentunya bermodalkan usaha dan niat kuat.

Salah satu jenis yang bisa coba diterapkan sesuai passion adalah bisnis kuliner yang merupakan salah satu jenis usaha yang terus eksis meski berada di tengah kondisi ekonomi yang sedang melemah. Alasannya jelas, karena setiap hari semua orang butuh makan.


Dari segi keuntungan, meski dengan modal yang relatif kecil, pelaku bisnis tetap bisa meraup banyak laba, yang nilainya bahkan bisa mencapai 100%.

 "Artikel ini didukung oleh SPOTS"

Namun demikian, berbisnis kuliner juga tak bisa dianggap mudah, apalagi bila sudah berbicara tentang persaingan. Tak dapat dipungkiri, tingkatan rivalitas di bidang kuliner sangatlah tinggi. Oleh karenanya, pelaku bisnis kuliner harus pintar-pintar memasang strategi ketika menjalankan usahanya, diantaranya:

1. Fokus Pasar

Segmen pasar, atau kegiatan membagi asar menjadi kelompok-kelompok berbeda berdasarkan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku, adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis, sehingga perlu untuk mengenal dan menentukan pasar sebelum memulai bisnis, termasuk bisnis kuliner.

2. USP (Unique Selling Point)

Seorang pebisnis kuliner harus kuat menghadapi persaingan dengan sesama pelaku bisnis, tentunya dengan menghadirkan sebuah faktor unik yang membedakan bisnisnya dengan sesama pelaku bisnis kuliner, agar lebih mudah diingat oleh masyarakat peminat kuliner.


3. Pelayanan yang Memuaskan

Saat ini ketika jaman sudah semakin canggih, kehadiran ojek online benar-benar menjadi satu faktor yang membantu pemasaran usaha bisnis kuliner. Misalnya, fasilitas Go-Food yang memudahkan customer untuk memperoleh makanan yang diinginkan dengan cepat dan mudah, tanpa harus datang langsung ke warung atau restoran.

Pelaku bisnis kuliner perlu memastikan lokasi tempat usahanya telah terdaftar di Google Business, mudah diakses, dan menyediakan lahan parkir memadai.

4. Mengembangkan Relasi

Dalam bisnis, pelanggan atau customer merupakan pihak yang membutuhkan pemenuhan kebutuhan cara menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan dalam transaksi jual-beli.

Pelanggan adalah sebuah kunci kesuksesan dalam berbisnis, sehingga pelaku bisnis kuliner harus bisa membangun hubungan baik. 

5. Tentukan Sumber Pemasukan dan Pengeluaran

Dari usaha kuliner yang digeluti, tentukanlah dari mana sumber pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Catat dengan rapi dan teliti agar perencanaan ke depanya bisa diprediksi dengan mudah.

SPOTS.. Aplikasi kasir untuk usaha anda

Untuk menghadapi tingginya angka persaingan di bidang kuliner, pelaku bisnis bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah saya sebutkan di atas, dalam hal ini adalah digitalisasi.

Pelaku bisnis kuliner perlu tahu bahwa kali ini telah hadir SPOTS, perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian 
dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan.


SPOTS merupakan aplikasi kasir SPOTS yang hadir untuk menghemat waktu dan uang dengan mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari pebisnis. Dengan harganya yang terjangkau (biaya aktivasi Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari), sehingga siapa pun dapat menjalankan usaha dengan adanya aplikasi ini.

SPOTS POS dipersembahkan untuk para foodpreneurs, pengusaha makanan, di Indonesia dari semua ukuran, dari pemilik gerobak sate kambing, booth masakan rumah di kantin perkantoran,café hits, sampai restoran bercabang.

Artikel ini didukung oleh SPOTS


19 komentar

  1. Wah menarik sih ini kak prima, aku selaku pembisnis perlu banget mesin kasir millenial kayak gini. Soalnya di toko ku baru pake mesin kasir yang jadul banget kadang suka gak singkron sama catatan sendiri kan jadi pusing

    BalasHapus
  2. wuiiih Gojek semakin oke inovasinya, memudahkan para pengusaha kuliner

    BalasHapus
  3. wuiiih Gojek semakin oke inovasinya, memudahkan para pengusaha kuliner

    BalasHapus
  4. Keren banget nih, Spots beneran bikin semua usaha jadi lebih terarah dan termanaj dengan baik.

    Inovasi2 gojek ini semakin hari semakin keren aja ya, adaaa aja hal-hal kece yang diadakannya yang kadang sama sekali gak terpikir sebelumnya :)

    BalasHapus
  5. SPOTS memang sangat membantu para usahawan. Tidak hanya usahawan yang sudah mapan, tapi juga para pedagang kecil menengah yang masih pakai gerobak.
    Dengan SPOTS kita dituntut untuk belajar jadi usahawan kuliner yang serba digital

    BalasHapus
  6. Wuih keren banget nih mesin kasir spots dari gojek yah... Semoga semakin memudahkan dan memajukan umkm di indonesia :)

    BalasHapus
  7. Satu lagi nih aplikasi yang membantu dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah maupun usaha yang sudah besar. Dengan berbagai kemudahan semacam ini tentu diharapkan semakin memperlancar usaha yang sudah dibangun

    BalasHapus
  8. Kebetulan saya juga punya usaha F&B kecil kecilan di rumah. Untuk daftarnya bagaimana Kak?

    BalasHapus
  9. Semakin maju ya,, perkembangan teknologi mau coba ah buat cafe omku lebih memudahkan ini kayaknya

    BalasHapus
  10. Aplikasi spot ini bisa jadi solusi buat membantu para usahawan di bidang kuliner. apalagi bagi mereka yang belum terbiasa dengan pembukuan ya. apalagi biayanya terjangkau juga

    BalasHapus
  11. Bagus inovasinya. Bikin pelaku UMKM bisa mengelola segala keuangannnya, terutama urusan perkasiran layaknya pengusaha besar. Alat dan aplikasi yang biasanya besar dan mahal, bisa jadi lebih terjangkau harganya, dan ringkes pula ukurannya. Top!

    BalasHapus
  12. Salut sama inovasinya GO-JEK. Mereka tuh kayak mendengar dan membaca kebutuhan para pelaku usaha kuliner ya. Udah gitu dengan adanya SPOTS, pengusaha model pinggiran jalan sekalipun bisa ya diakses dengan sistem pembayaran yang mudah.

    BalasHapus
  13. Sekarang UMKM pun dituntut harus melek teknologi, tak hanya dari cara pemesannya saja. Mulai dari pembayaran dan pengaturan kas di kasir sudah bisa terprogram dengan Spots ini.
    Semoga para penggunanya cepat beradaptasi ya.

    BalasHapus
  14. Kalau ngitungnya udah pakai apliaksi kasir kyk spots enak jd gak ribet lagi ngitung manual tinggal mencocokkan data ya mbak, jd lbh cepat jg menghitung keuntungan yg masuk

    BalasHapus
  15. Spots hadir untuk memudahkan para pelaku bisnis ya. Gak sabar banget pengen buka resto dan menggunakan spots sebagai alat pembayarannya.

    BalasHapus
  16. Keren banget SPOTS ini, bener bener inovasi kece dari gojek ya buat yang punya usaha kuliner. Bisa aku share ke sodaraku yang punya usaha kuliner nih biar makin canggih dan efektif.

    BalasHapus
  17. SPOTS nih keren yaa buat yang berbisnis kuliner. Benar-benar memudahkan transaksi keuangan :))

    BalasHapus
  18. Bagus nih mbak Spots buat pelaku usaha ya. Smg para lelaku usaha makin berkembang usahanya dan yg lain terinspirasi juga buat buka usaha

    BalasHapus
  19. Nah, poin ke 2 nih cukup sulit mbaa, karena mencari ide yang unik itu gak bisa sembarang gitu aja hehe. Senang banget, sekarang ada apps spot ini jadi makin bikin greget para millenial buat mulai bisnis

    BalasHapus

© read and share..
Maira Gall