Rabu, 15 Januari 2020

Rambut Sehat, Modal Pede jadi Blogger Profesional

Aku saat menghadiri Hair Beauty Dating and Sharing Session with Natur Hair Care

Suatu malam di awal tahun 2020 ini, benakku flash back ke akhir tahun 2014. Saat itu, aku hamil muda. Beberapa bulan sebelumnya aku mengambil keputusan yang cukup berat, yakni hengkang alias resign dari pekerjaanku yang sudah cukup lama aku geluti, yaitu sebagai geologist lapangan.

Kondisi fisik yang kurang stabil di trimester pertama mengharuskanku istirahat total. Menurutku, di sinilah titik awal perubahan di hidupku. Aku yang sebelumnya rutin bekerja sebagai karyawan kantoran di perusahaan tambang nikel dan batubara, kadang pula harus keluar daerah menyusur hutan dan mendaki gunung, tiba-tiba dipaksa stay di rumah tanpa ada kegiatan sama sekali.

Suntuk sudah pasti.. Bukannya sembuh, malah pusing.. Intensitas mual bukannya berkurang, malah makin parah. Anehnya, bila diajak hangout sama suami, aku justru semangat. Dari sini, kami pun menyimpulkan bahwa mungkin bawaan bayinya yang tidak suka bila ibunya hanya berdiam diri di rumah.

Suamikulah yang kemudian berinisiatif mencarikan satu kegiatan yang bisa aku tekuni namun tidak memberatkan fisikku saat itu. Karena kebetulan basic profesi suamiku adalah jurnalistik, maka tidak jauh-jauh, aku dikenalkan dengan dunia tulis-menulis, lebih tepatnya : Blogging.

Tak akan pernah lepas dari ingatan saya, event blogger pertama yang saya hadiri karena ajakan suami pada akhir 2014, yakni Nonton Bareng alias Nobar dan Meet n Greet bersama Film Pendekar Tongkat Emas. Selepas acara itulah, suami saya mendorong untuk menuliskan review film sekaligus bercerita pengalaman bisa bertemu dengan aktris dan aktor idola saya, Ibu Christine Hakim dan Reza Rahadian, dalam sebuah blog.

Luar biasa senangnya perasaan saya ketika tulisan pertama saya berhasil terpublikasi dan dibaca banyak orang. Kejadian ini jadi pembuka jalan saya menuju dunia blogging yang lebih luas lagi. Entah mengapa, selanjutnya buat saya menulis di blog itu adalah satu aktivitas yang adiktif a.k.a. memancing candu.

Dunia Blogging Membuka Kesempatan Bertemu Banyak Sosok Inspiratif


Dengan menjadi blogger pula, saya bisa bertemu dengan banyak teman yang punya minat sama. Tak hanya itu, di beberapa kesempatan, saya bisa mendapatkan ilmu dari banyak sosok inspiratif yang sudah berpengalaman mengolah blog hingga memiliki pembaca setia.

Di antara sederet nama blogger profesional, salah seorang blogger inspiratif yang menurutku layak jadi role model, terutama pagi para pemula ialah Ani Berta. Teh Ani, begitu sapaan akrabnya, seorang wanita berdarah Sunda-Batak ini di mataku merupakan sosok sederhana yang visioner dan gak pelit berbagi ilmu ataupun tips menjalani lika-liku dunia per-blogging-an ini. Diam-diam, Teh Ani bahkan sudah berkunjung ke berbagai negara untuk menjalankan misinya membawa pesan positif untuk dibagikan kepada para pembaca blognya.

Tak hanya itu, dari tangan Teh Ani pula, lahir komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB). Tujuannya tak lain ialah untuk merangkul dan memotivasi para blogger untuk bisa sama-sama meraih sukses di jalan ini. Gak hanya seputar blog saja, Komunitas ISB juga beberapa kali mengajak anggotanya terlibat dalam aktivitas sosial, salah satunya ialah Donasi Buku untuk Korban Banjir.

natur hair care
Teh Ani Berta antusias menjelaskan tips dan trick membangun reputasi blogger menuju profesional

Mungkin bagi sebagian orang, Teh Ani terkesan galak dan blak-blakan, apalagi bila memberi teguran terkait tugas-tugas blogger. Namun, jika sudah lama kenal Teh Ani, pasti tahu bahwa sikapnya itulah yang justru mendorong para blogger bekerja sesuai komitmen yang sudah disepakati, bahkan memacu para blogger agar bisa mengerahkan seluruh kemampuannya agar bisa menghasilkan karya tulisan yang menarik, tanpa melepaskan profesionalisme.

Makanya nih, saya merasa sangat excited ketika mendapat kabar bahwa Indonesian Social Blogpreneur (Komunitas ISB) bekerjasama dengan Natur Hair Care akan mengadakan event Hair Beauty Dating and Sharing Session with Natur Hair Care, di mana Teh Ani menjadi salah satu narasumbernya. Langsung deh, saya semangat pengen daftar! Dan.. Alhamdulillah.. bisa terpilih menjadi salah satu pesertanya..

Thanks to Komunitas ISB for this opportunity..

Mau Jadi Blogger Profesional? Bangun Reputasi dan Jaga Konsistensi..


Tibalah saatnya hari-H. Sesuai judul acaranya yang bernuansa feminin, yakni Hair Beauty Dating and Sharing Session with Natur Hair Care, maka semua yang hadir adalah blogger cewek. Pembahasan yang diangkat dalam acara ini juga erat kaitannya dengan beauty, terutama perawatan rambut yang merupakan salah satu aset keanggunan seorang wanita.

Untuk para blogger yang serius ingin membangun blog-nya, materi yang dibawakan Teh Ani boleh dikata menjadi magnet yang mengundang antusiasme, yakni "Membangun Reputasi Blogger Menuju Profesional". Tak heran bila peserta yang datang tak hanya didominasi nama-nama senior saja, tapi juga banyak blogger pemula yang semangat ingin menimba banyak inspirasi dari acara ini.

natur hair care
Para Narasumber dan Blogger dalam acara Hair Beauty Dating and Sharing Session with Natur Hair Care

Tema yang menarik tentu mengundang penasaran. Makanya, yuk kita intip tips Teh Ani Berta seputar kiat membangun reputasi sebagai blogger profesional.

1. Ayo Kembali ke Fitrah Blog

Coba kita ingat-ingat lagi.. Apa sih, tujuan awal kita nge-blog? Sebagai tempat curhat, jalur eksistensi, atau wadah berbagi? Nah.. sebelum memantapkan langkah untuk menjadi blogger profesional, Teh Ani ngajak kita untuk meluruskan lagi niat kita untuk mengembalikan fitrah blog sebagai ruang berbagi informasi, silaturahmi, tempat penulis menuangkan ide, opini, gagasannya.

Blog juga kerap digunakan untuk memberi nilai tambah terhadap suatu isu dan verifikasi berita. Nah.. agar tidak kaku, Teh Ani tetap mengingatkan agar para blogger tetap mengikuti perkembangan atau trend, tapi tidak melupakan karakter blogger sebagai pengolah konten.

2. Jangan Terbawa Arus "Mager"

Sebagai blogger, kita seringkali terjebak arus mager (malas gerak), apalagi jika sedang mengalami kebuntuan ide atau sedang sepi job.. Nah, untuk menyiasati ini, Teh Ani menyarankan agar tetap menjaga relevansi konten dengan cara terbuka terhadap berbagai bidang ilmu, tingkatkan wawasan dengan membaca, mengobrol dengan yang lebih berpengalaman. Paksakan diri upgrade skill agar isi blog ikut berkembang.

Agar isi blog tidak melulu berisi iklan atau promo produk, usahakan selalu update artikel dengan persentase dari keseluruhan artikel sebanyak 70% organik dan 30% sponsor.

3. Kuatkan Karya Orisinal

Orisinalitas dalam sebuah konten adalah barang mutlak. Khusus tulisan organik, buatlah artikel tersebut bernilai kontribusi dan bermanfaat bagi pembaca. Agar kontennya semakin kuat dan terpercaya, biasakan menulis berdasarkan fakta, observasi, dan narasumber yang valuable. Dalam hal ini, Teh Ani juga menekankan agar blogger mempertahankan konsistensinya dengan mengusahakan buat 1 artikel andalan dalam sebulan.

4. Adaptasi dengan Perkembangan Zaman

Sebuah karya harus bersifat kekinian agar bisa diterima semua kalangan. Untuk menjadi seorang blogger yang profesional, kita harus bisa terbuka untuk menggunakan berbagai digital tools yang memberi nilai tambah terhadap blogging. Para blogger juga disarankan banyak belajar infografis, video, sastra. Agar tampilan blog lebih menarik, optimalkan aplikasi penunjang  seperti Canva, PicsArt, Tweetdeck, Pixabay, dll, 

Nah.. supaya makin up to date.. Jangan ragu untuk berbaur dengan siapa saja agar circle jaringan pertemanan dan informasi kita semakin luas.

5. Perkuat Branding

Di era digital ini, blogger sebagai content creator harus punya personal branding yang bisa membedakannya dengan pekerja kreatif lainnya. Caranya : tonjolkan ciri khas diri, asah lagi kelebihan diri agar konten memiliki nilai jual, gencarkan promosi untuk menarik brand bekerjasama dengan kita.

Nah.. Salah satu cara yang bisa kita terapkan untuk memperkuat branding diri adalah menjaga penampilan. Gak mau donk dicap sebagai orang yang awur-awuran? Dengan memperhatikan penampilan, kepercayaan diri akan tumbuh, dan kita tidak ragu untuk berkreasi dan menampilkan konten andalan kita. Gak perlu ribet, cukup dengan rutin merawat diri agar enak dipandang dan membuat orang nyaman dekat dengan kita.

Dalam hal merawat diri, seseorang kadang terlalu terfokus pada kecantikan tubuh dan wajahnya saja, padahal ada salah satu faktor penunjang penampilan dan penentu kenyamanan yang juga gak kalah pentingnya, yakni : Kesehatan Rambut!

#AlamiLebihBaik untuk Dapatkan Rambut Sehat


Sebelum melangkah ke pembahasan tentang kesehatan rambut, yuk kita samakan persepsi dulu.. Apakah temen-temen setuju bahwa kesehatan rambut adalah sebuah modal untuk mendapat kepercayaan diri? Nah.. jika setuju, berarti kita sepaham nih..

Sebagai wanita, tentu kita mendambakan punya rambut sehat, kuat, dan bercahaya. Apapun profesinya, apalagi jika sehari-harinya seorang wanita dituntut aktif beraktivitas padat, kondisi rambut yang bermasalah atau rusak pasti mengganggu penampilan.

Meski sudah berhijab sejak pertengahan 2016 lalu, kondisi rambut yang tertutup bukannya malah membuatku lebih tenang dalam hal mengurus rambut. Mungkin bagi sebagian orang, wanita berhijab bisa terbebas dari urusan penataan rambut. Namun ternyata, di balik itu semua, ada banyak masalah yang menyerang rambut di balik hijab, guys..

Banyak masalah yang terjadi pada rambutku setelah berhijab, salah satunya adalah kerontokan.. Dengan Natur Hair Care Ginseng Series, rontok mulai berkurang, bikin aku nyaman lagi saat beraktivitas.

Rambut berhijab identik dengan kondisi lembab dan tertutup udara, sehingga rentan mengalami masalah seperti ketombe, rontok, kulit kepala gatal, ataupun patah karena terlampau sering diikat di balik hijab. Makanya, penting bagi semua wanita untuk menjaga kesehatan rambutnya. Gak sekedar untuk kepentingan penampilan, tapi rambut sehat juga bisa memberi kenyamanan dalam beraktivitas. Gak mau donk kalo sementara sibuk bekerja harus bolak-balik garukin kepala karena ketombean?

Sebelum masuk ke solusi penanganan masalah rambut, kita perlu tau dulu nih seperti apa sih karakter rambut sehat itu?

Ternyata bila rambut terlihat berkilau dari luar aja gak cukup lho untuk disebut sehat.. Untuk bisa disebut sehat, rambut harus kuat dari akar, bebas ketombe, bebas rontok, tidak tipis, tidak kering atau kasar, dan terhindar dari masalah kusam ataupun bercabang.

Nah.. untuk mengatasi masalah-masalah itu, dan supaya bisa mendapatkan rambut sehat seutuhnya, aku merasa perlu merawat dan menutrisinya secara rutin dengan produk berbahan dasar alami untuk mencegah terjadinya kerusakan pada lapisan rambut dan kulit kepala.

Gak mau donk rambut kelamaan menderita dengan berbagai masalahnya? Lalu, gimana sih cara terbaik untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut?

Nah.. pas banget nih, di Hair Beauty Dating and Sharing Session with Natur Hair Care ini, hadir pula Mbak Clara Rizqi, Brand Activation Coordinator Natur Hair Care untuk membagikan edukasi seputar rambut dan permasalahannya kepada para blogger yang hadir.

Mengawali penjelasannya, Mbak Clara memaparkan kehadiran Natur Hair Care sebenarnya berangkat dari kekhawatiran akan menjamurnya produk perawatan rambut yang berbahan dasar kimia di Indonesia.

natur hair care
Mbak Indah (MC - kiri) dan Mbak Clara (Brand Activation Coordinator Natur Hair Care) saat memandu acara diskusi tentang rambut

Kita pastinya tahu bahwa penggunaan bahan-bahan kimia dalam frekuensi yang terlalu sering bisa memicu kerusakan pada akar rambut, sehingga menjadikan rambut kasar, kering, patah, bahkan bercabang. Oleh karenanya, Natur Hair Care hadir sebagai solusi perawatan rambut berupa produk berbahan dasar alami, di mana 99% kandungannya berasal dari bahan-bahan alam, seperti ginseng, aloe vera, tea tree oil, moringa, dan sebagainya.

Meski berbahan alami, namun pengolahannya sudah dikemas dengan cara modern yang aman dan sesuai dengan kebutuhan wanita Indonesia sebagai penggunanya.

Faktor Penyebab Kerusakan pada Rambut

Sebelum memahami penanganannya, yuk kita ketahui terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan pada rambut?

Faktor kerusakan rambut terbagi atas dua jenis, antara lain :
- Faktor Eksternal, diantaranya : Penggunaan Kosmetik untuk Rambut, Perlakuan Dekoratif, Debu, Cuaca, Sinar UV Matahari

- Faktor Internal, disebabkan Usia, Genetik, Pola Makan, Pola Hidup yang Tidak Sehat, Stres dan Penyakit

Masalah-masalah Rambut dan Penanganannya

Apa saja masalah yang biasa mengganggu keindahan rambut kita? Yuk kita bahas satu-satu, plus solusi produk Natur Hair Care yang tepat untuk mengatasinya..

rambut sehat natur hair care
Masalah rambut yang sering kita alami

- KERONTOKAN

Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa setelah memakai hijab, kerontokan adalah masalah yang paling pertama terjadi pada rambut saya. Sempat pusing, tapi setelah ketemu Natur Hair Care Ginseng Series, Alhamdulillah kerontokan perlahan berkurang.

Kerontokan pada rambut disebabkan faktor keturunan, stres yang menghambat siklus pertumbuhan rambut, produk kosmetik rambut yang kurang tepat, perlakuan dekoratif, gizi kurang seimbang, keramas dengan air terlalu panas sehingga merusak lapisan rambut, efek samping obat-obatan, hormonal, dan masa pengobatan.

Perlu diingat, bahwa jika jumlah rambut yang rontok setiap harinya lebih dari 100 helai, maka harus ditangani dengan benar agak tidak terjadi kebotakan.

Rambut rontok adalah masalah yang hampir umum dialami semua wanita (pic : hellosehat.com)

Natur Hair Care
Solusi perawatan rambut rontok dari Nature Hair Care, menggunakan Natur Ginseng Series

Nah.. sebagai solusi rambut rontok, Natur Hair Care punya Natur Ginseng Series, yang terdiri atas Shampoo, Conditioner, Hair Mask. dan Hair Tonic. Dengan kandungan ginsengnya, rangkaian produk ini berkhasiat menguatkan akar dan helai rambut.

- RAMBUT TIPIS

Selain kerontokan, rambut tipis juga merupakan masalah yang cukup mengganggu buat saya sebelum memakai hijab. Rambut tipis bisa terlihat lepek, kurang segar, dan terlihat tidak sehat. Penyebabnya bisa karena faktor genetik, kerontokan parah, dan pertumbuhan rambut yang tidak normal.. Nah, gak enaknya nih, rambut tipis tuh bisa merusak penampilan dan bikin jadi gak pede.


rambut sehat natur hair care
Rambut Tipis dan Produk Natur Hair Care yang tepat untuk mengatasinya

Namun, tenang.. Natur Hair Care sudah punya Natur Aloe Vera Series sebagai solusi menyiasati rambut tipis. Produk ini menyediakan vitamin, mineral, dan zat mineral lainnya yang berfungsi menumbuhkan rambut dan merawat kesehatamnya.

- KETOMBE

FYI, ketombe adalah nama awam dari dramatis seboroik. Ketombe yang merupakan serpihan putih dan kering pada kulit kepala ini biasanya hadir disertai rasa gatal dan bau pada kulit kepala.

Ketombe, masalh yang kerap terjadi pada rambut, sangat mengganggu karena menimbulkan rasa gatal dan noda putih yang bisa mengotori baju

Aku takut banget kena ketombe.. Gak kebayang aja ikut acara blogger dengan dresscode hitam, terus ketombenya jatuh di baju.. Paling males juga kalo lagi asik-asiknya beraktivitas, tiba-tiba diserang rasa gatal yang bikin kita gak berhenti garuk-garuk.

Nah.. untuk mengatasinya, Natur Hair Care punya varian khusus rambut berketombe, yakni Natur Tea Tree Oil Shampoo yang mengandung minyak dari pohon Melaleuca alternifolia yang banyak ditemukan di Australia dan Oceania. Tea Tree Oil dapat bekerja sebagai antimicroba dan anti inflammation (bengkak/ radang), sehingga dapat menghambat tumbuhnya jamur penyebab ketombe.

Natur Hair Care
Ternyata Tea Tree Oil mengandung banyak manfaat lho..
Produk Natur Hair Care untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut

Selain efektif membasmi ketombe, Tea Tree Oil juga punya segudang manfaat lainnya lho, seperti untuk mengobati jerawat, merawat kesehatan rambut, sebagai deodoran, pereda gatal, eksim, dan psoriasis, serta kerap digunakan sebagai pembersih alat rumah tangga.

Kesan pertama yang aku rasakan saat pertama nyobain Shampoo Natur Tea Tree Oil ini adalah tekstur dan wangi lembutnya yang bikin aku nyaman saat menggunakannya.

Tekstur Shampoo Natur Tea Tree Oil.. lembut dan sedikit encer, dengan bau khas teh hijau..

Supaya khasiatnya makin mantap, padukan Natur Tea Tree Oil Shampoo ini dengan Conditioner, Hair Mask, dan Hair Vitamin untuk mengatasi timbulnya rontok disebabkan ketombe. Oh iya.. shampoo tea tree oil-nya Natur ini juga ampuh membasmi kutu rambut karena memiliki fungsi antimicroba.

- HAIR COLORING

Perkembangan trend rambut dari tahun ke tahunnya mendorong orang untuk mewarnai rambutnya.

Udah tau belum, kalo ternyata pewarna rambut mengandung bahan-bahan kimia yang bisa menyebabkan kandungan protein dan vitamin alami rambut berkurang. Jika tidak dirawat dengan tepat, pewarnaan rambut bisa menyebabkan kerusakan pada rambut, seperti kusam, rapuh, kering, rontok, dan kasar.

rambut sehat natur hair care
Solusi Perawatan Rambut Diwarnai dari Natur Hair Care

Rawat rambut berwarnamu dengan Natur Olive Oil + Vitamin E Series dan Natur Ginseng Series agar rambut ternutrisi dengan baik dan terawat kilaunya agar tampak bercahaya.

- RAMBUT RUSAK

Lalu, gimana bila rambut sudah terlanjur rusak parah karena terlalu sering terpapar bahan kimia atau panas blowing, alat catok, curly iron, atau alat styling lainnya ? Natur Hair Care punya Shampoo yang mengandung Moringa Oleifera Extract & Sweet Almond Oil yang ampuh membantu dan melindungi rambut karena paparan sinar matahari, juga menutrisi setiap helai rambut.

rambut sehat natur hair care
Solusi Rambut Rusak dari Natur Hair Care

Keunggulan produk ini adalah bisa digunakan semua anggota keluarga, dari dewasa hingga anak-anak. Sudah teruji secara dermatologis aman untuk kulit sensitif anak-anak.. Wah.. oke nih buat persediaan.. Lebih hemat pula!

***

Happy banget karena Natur makin banyak variannya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan rambut

Wah.. varian Natur Hair Care makin lengkap dan bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan rambut kita dan seluruh anggota keluarga.

Buat kalian yang kepengen nyobain produknya, gak perlu jauh-jauh nyari karena Natur Hair Care sudah tersedia di minimarket maupun supermarket terdekat. Temen-temen juga bisa memperoleh produknya di Shopee via link berikut.

Natur Hair Care

So, guys.. sekarang gak perlu ragu lagi untuk tampil percaya diri dan mantap meraih sukses dengan rambut sehat sebagai mahkotanya.. Apapun profesi kita, yuk jadi semangat jadi pekerja profesional. Sama kayak aku yang jadi makin semangat dan percaya diri menjalani profesiku sebagai Ibu Rumah Tangga, Blogger dan Content Creator karena I feel so comfortable with my healthy hair..

Have a nice day..

12 komentar:

  1. Sepakat mbak. Rambut yang sehat emang bikin pede. Kebayang kalo lagi serius garap konten, eh malah galfok karena rambut rontok atau ketombean. Natur emang solusi. Btw, aku juga sepakat banget kalo kita sebagai blogger 'harus balik ke fitrah'. Bukan cuma nulis pas ada job. Huhuu. Aku banget ini. :(

    BalasHapus
  2. Butuh perhatiin banyak hal emang ika ingin jadi seorang blogger profesional, kalau buat saya konsistensi yang paling sulit dijaga.

    BalasHapus
  3. mager tuh mager
    kadang mager adalah amsalah terberat buat nulis
    jngn sampai pas sedang rajin eh....keganggu mslh rmbt

    BalasHapus
  4. Acaranya seru banget mbak, sayangnya di Pekalongan gak ada acara semacam ini. Padahal pengen banget ikutan. Oh iya, Nature yang kuning aku malah blm pernah nyoba, kira2 efeknya gimana setelah pakai mbak?

    BalasHapus
  5. Acaranya seru banget dan bermanfaat bagi yang ingin fokus terjun di dunia blogger karena teh ani memberikan ilmu yang bermnafaat

    BalasHapus
  6. Biarpun berhijab, kesehatan rambut juga menjadi perhatianku. Sebagai pekerja yang kantornya di rumah, sehari-hari ya aku bekerja di dalam kamar aja. Tapi sebelum bekerja aku menyempatkan diri buat mandi, pakai krim, lipstik, dan rambut ditata gitu. Senang aja tampil segar meskipun nggak kemana-mana. Dibawa kerja pun jadi lebih semangat.

    Tapi kemarin rambut aku banyak yang rontok dong gara-gara main salon-salonan sama anak bungsu. Dia terlalu kuat mengikat rambutku jadi seketika berhelai-helai rambut tercerabut dari akarnya. Entah tenaga dia yang terlalu kuat, atau akar rambutku yang pada dasarnya rapuh nih, ya?

    Kayaknya perlu nyobain Natur nih biar kegiatan bekerja dari rumah bisa tetap gaya. Sesuai pesan Mbak Ani Berta soal satu artikel andalan dalam sebulan, hmmm ... mari kita pikirkan, hehehe ...

    BalasHapus
  7. Natur emang dari dulu sudah dikenal sebagai brand perawatan rambut terbaik di Indonesia, kalo dari kami sih mudah-mudahan harganya bisa lebih murah, hahahaha

    BalasHapus
  8. Kok yaa...pas ngomongin rambut dan percaya diri sebagai wanita yang pekerjaan utamanya mengurus rumah tangga.
    Serunya dunia blogging yaa, kak...Selain mendapat pengalaman seru juga ilmu dan sahabat.

    BalasHapus
  9. Wah tulisan lengkap banget mbak..mulai dari bagaimana membangun reputasi blogger, sampai bagaimana caranya tetep pede dengan rambut yang sehat. Pas banget sebenernya, aku lagi ngalamin kerontokan rambut. Cuma karena tiap hari pakai jilbab , jadi berasa aman karena ketutup

    BalasHapus
  10. Miliki rambut sehat tentunya menjadi dambaan setiap wanita ya mbak. Saya juga pakai loh mbak, rambut jadi halus, sehat dan kuat

    BalasHapus
  11. Makin kesini natur makin hebat ya, produknya bervariasi tapi tetap menjaga kualitas.

    BalasHapus