Senin, 21 Desember 2020

Peranan Gut-Brain Axis untuk Dukung Generasi Hebat

dear Happy moms.. Apa kabar? Kali ini kita bahas parenting lagi yuk, karna memang gak ada habis-habisnya dan gak ada bosan-bosannya kalo kita udah ngomongin buah hati kesayangan kita, karna sebagai ibu yang peduli, kita pasti selalu ingin memberikan yg terbaik..

Termasuk ketika anak tantrum, pasti ada rasa cemas di benak kita.. "Kenapa ya si kecil tiba-tiba rewel dan susah diajak kompromi?"


Gut-Brain Axis


Salah satu alasan yang kerap jadi penyebab anak tantrum ialah gangguan pencernaan, bisa disebabkan lapar, kembung, dsb. Kalo udah gini, kita sebaiknya lebih berhati-hati, moms.. Menurut uraian yang dijelaskan oleh Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes, (Ahli Gizi dan Penulis Buku Tentang Gizi) dalam sebuah acara talkshow virtual "Pentingnya Gut-Brain Axis untuk Menumbuhkan Anak Hebat" bersama Bebelac pada 11 Desember 2020 lalu dijelaskan bahwa pencernaan kerap dikatakan sebagai otak kedua bagi anak, karena pencernaan yang sehat berpengaruh perkembangan otak, begitupun sebaliknya.

Maka dari itu, spesial di artikel ini, aku akan ngebahas Gut-Brain Axis tersebut, dengan harapan semoga bisa menjadi catatan buat kita dalam hal pendampingan anak untuk mempersiapkan masa depannya, di mana setiap harinya mereka akan lebih banyak menghadapi berbagai macam tantangan, bisa dari segi kesehatan, lingkungan, hingga sosial.

Karenanya, kita sepakat donk bahwa seorang anak perlu dibekali kesehatan tubuh, kemampuan berpikir, serta hati yg baik agar mampu menyebarkan aksi kebaikan ke lingkungan sekitarnya dan tumbuh menjadi anak hebat sesuai harapan kita.

Sejalan dengan hal ini, Bebelac mengajak Putri Titian, artis sinetron yang juga seorang ibu muda untuk ikut berbagi cerita seputar pengalamannya mengasuh dan merawat 2 anaknya yang saat ini usianya masih terbilang balita. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah bagaimana anak-anak bisa tumbuh menjadi anak hebat yang dapat membawa kebaikan untuk sekitarnya.

“Sebagai ibu, saya sadar bahwa perkembangan dunia sangat dinamis. Apa yang menjadi tantangan buat saya sekarang, belum tentu sama dengan tantangan yang dihadapi anak-anak di masa depan. Saya mulai menanamkan nilai-nilai kebaikan, perilaku positif, serta growth mindset pada dua buah hati saya sejak usia dini untuk mendukung perkembangan sosial emosional mereka,” ujar Putri.

Putri pun menuturkan bahwa ia sempat khawatir ketika anaknya tiba-tiba tantrum karena lapar, yang pada akhirnya memancing awareness-nya untuk lebih teliti dalam menjaga pencernaan anak, termasuk dalam memilih produk susu yang tepat buat kesehatan pencernaannya. Dengan mengetahui pentingnya gut-brain axis bagi kesehatan, daya pikir, dan suasana hati si kecil, Putri semakin paham atas kebutuhan nutrisi anak-anak sebagai modal penting dalam menyiapkan mereka menjadi anak hebat yang memiliki kebaikan hati.

"Jangan tergoda membeli produk susu karena harga murah atau diskon.. Pilihlah susu yang benar-benar bagus kandungan dan manfaatnya buat anak, dan Putri sepakat memilih Bebelac yang dirasanya sudah cocok dengan kebutuhan gizi anak-anaknya..", pesan Putri Titian.

Happy Tummy, Happy Brand, Happy Heart

Gut-brain axis menerangkan bahwa saluran cerna sangat memengaruhi kerja otak untuk memproduksi neotransmitter yg terkait dengan sosio-emosional anak, salah satunya ialah hormon serotonin yg mampu menghasilkan perasaan senang dan nyaman..

Lebih jelasnya, berikut ini kaitan sistem pencernaan dengan kerja otak:
✅ Terdapat komunikasi homeostatik dua arah yg melibatkan jalur persarafan, hormonal, dan imunologi
✅ Komunikasi ini akan memodulasi mood, kognitif, dan emosi
✅ Komunikasi yang baik terkait dengan respons yang baik terhadap stres dan perkembangan perilaku
✅ Efek komunikasi yang tidak baik menyebabkan: Perilaku kebingungan, Kecemasan, Perilaku Berulang, Perilaku Autistik
✅ Akan terjadi gangguan komunikasi ketika saluran cerna mengalami inflamasi, gangguan pola makan, sinroma nyeri perut

Konsep Happy Tummy, Happy Brand, Happy Heart yang diusung Bebelac mengajak orang tua lebih paham dan peduli akan pentingnya interaksi sehat antara sistem pencernaan dan otak dalam mendukung kebaikan hati si kecil, termasuk dalam hal kecerdasan intelektual dan emosionalnya.


Gut-Brain Axis


Dr. Rita melanjutkan, “Apa yang anak konsumsi dapat memperkuat kesehatan pencernaan, otak,
hingga kebesaran hatinya, sehingga dapat memberi dampak positif yang menyeluruh bagi anak. Salah satu nutrisi untuk pencernaan sehat yang dapat dikonsumsi anak adalah prebiotik
atau makanan bagi bakteri baik. Sebagai contoh, prebiotik dapat ditemukan pada sayur, buah,
atau susu pertumbuhan yang diperkaya dengan prebiotik.”

Menurut Dr. Rita, salah satu nutrisi utama untuk memungkinkan proses gut-brain axis adalah
prebiotik yang berperan untuk memberi makan mikrobiota pada saluran cerna seperti bifidobacterial yang menstimulasi pertumbuhan spesies Bifidobacterium dan lactobacillus tertentu, dan mengurangi bakteri patogen.

Mikrobiota pada saluran cerna ini juga bertugas untuk berkomunikasi dengan otak, termasuk meminta otak untuk mengatur emosi dan perilaku anak.

“Prebiotik, seperti FOS:GOS dengan perbandingan 1:9, juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lain, di antaranya membantu menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi
pada anak,” ujar Dr. Rita.

Komitmen Bebelac untuk Mendampingi Orang Tua Mendukung Tumbuh-Kembang Anak Hebat

Dari ulasan di atas, tentu kita mulai menyadari bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak sangat menentukan kehebatannya. Bebelac sebagai salah satu produk bernutrisi dari Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia, berkomitmen untuk mendampingi orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak hebat, salah satunya dengan menawarkan produk berkualitas, serta mengajak para orang tua memahami pentingnya hubungan antara happy tummy, happy brain, dan happy heart.


Gut-Brain Axis


“Terkait produk berkualitas, terutama dalam kaitannya dengan gut brain axis si kecil, setiap
produk Bebelac mengandung FOS GOS 1:9, Omega 3, Omega 6, vitamin dan mineral yang
mendukung pencernaan dan pertumbuhan si Kecil,” ujar Ye Vian Quah, Head of Bebelac.

Selain nutrisi, membesarkan anak hebat yang dapat membawa kebaikan bagi lingkungannya juga membutuhkan pola asuh yang baik dari orang tua. Karenanya, Bebelac juga berkomitmen untuk terus mengedukasi orang tua tentang konsep happy tummy, happy brain, dan happy heart dengan mengadakan berbagai inisiatif dan kegiayan edukatif, salah satunya melalui rangkaian webinar melalui akun Facebook @BebeclubIndonesia yang dapat diikuti secara gratis, dengan harapan Bebelac dapat ikut berkontribusi melahirkan generasi penerus yang cerdas dan memiliki kebaikan hati di masa depan.

Sebagai ibu, tentunya kita selalu ingin anak tumbuh menjadi generasi hebat di masa depannya.. Yuk persiapkan si kecil mulai dari sekarang dengan asupan nutrisi dan stimulasi yang tepat.. Semangat moms, and stay happy..

6 komentar:

  1. Lho...apa cuma aku yang baru tau kalau Putri Titian sudah punya anak?
    Kandungan Susu Bebelac memang bagus sekali yaa...anak-anakku juga minum Bebelac dan happy karena Bebelac juga sangat menghargai konsumen.
    Contoh kecilnya saat Hari Ibu 22 Desember, aku dikirimin email mengucapkan selamat Hari Ibu.

    Rasanya soo happy.

    BalasHapus
  2. Happy tummy, happy brain, happy heart akan menjadikan anak punya happy life ya mom.
    Makanya semua harus diperhatikan dalam masa tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  3. Di masa kanak2 gini, kesehatan pencernaan memang ptg banget ya mba. Bbrp kali anakku kembung dan jadinya pasti rewel. Sampe dokter akhirnya ksh prebiotik utk dicampur dlm susunya. Supaya gizinya bisa lebih terserap baik.

    Makanya aku sangat merhatiin juga susu yg mereka minum dan makanannya. Jgn sampai ususnya ngalamin gangguan pencernaan lagi.

    BalasHapus
  4. MasyaAllah hepi banget ya mba Prima, senangnya dapet insight positif untuk menjaga kesayangan
    Sehat selalu dengna sekeluarga mba sayang

    BalasHapus