Rabu, 24 Maret 2021

Kesehatan Gigi dan Mulut, Tantangan Besar di Tengah Pandemi

Menghadapi pandemi, hidup bersih sehat adalah hal yg tidak bisa ditawar-tawar lagi.. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sangat menyambut baik peringatan World Oral Health Day pada 20 Maret 2021 ini dengan harapan tergeraknya perubahan perilaku masyarakat dalam mewujudkan terciptanya kesehatan gigi dan mulut.


Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2021

"Momentum World Oral Health Day penting di tengah pandemi untuk melakukan pemahaman kembali di masyarakat betapa pentingnya kesehatan gigi dan mulut," ujar drg Oscar Primadi selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,  dalam konferensi pers virtual via Zoom pada Jumat, 19 Maret 2021.

Dalam kesempatan ini, hadir tokoh-tokoh penting seperti Ibu Ira Noviarti selaku Presiden Direktur Unilever Indonesia, Dr. Gerhard Seebergers selaku President Federation Dentaire Internationale (FDI), serta Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku Head of Sustainable Living Beauty and Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, SP.BM(K). MM selaku Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).


Hadir pula Duma Riris, seorang selebriti dan ibu dua anak yang menceritakan bagaimana pengalamannya menerapkan kebiasaan menyikat gigi secara rutin dua kali sehari, pagi dan malam, kepada suami dan anak-anaknya di rumah, yakni dimulai dari sendiri, agar bisa dijadikan contoh oleh keluarganya.

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut atau World Oral Health Day 2021 yang diperingati setiap 20 Maret bisa jadi momentum untuk mengingatkan kembali masyarakat dunia mengenai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) khususnya dalam gigi dan mulut, yang perlu diketahui merupakan bagian sistem pencernaan dan tubuh yang penting untuk dijaga. Itu karena masalah pada organ ini bisa dialami siapa saja, tidak mengenal batasan usia.


Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia tahun ini mengusung tema "Senyum Sehat untuk Hidup yang Lebih Sehat" dalam rangka mengampanyekan kebiasaan menyikat gigi 2x sehariPerilaku menyikat gigi dua kali sehari penting dilakukan sembari menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yakni menjaga jarak, mengenakan masker, dan mencuci tangan secara rutin.

Unilever, melalui brand Pepsodent turut mengambil peran untuk mengampanyekan program ini dengan memanifestasikan positive impact kepada masyarakat Indonesia selama 80 tahun berkiprah, tentu saja dengan senantiasa mengadakan inovasi-inovasi produk yang bermanfaat mewujudkan dan menjaga kesehatan kita..



Selaku mitra global FDI sejak 2005, Pepsodent memperingati hari Kesehatan Gigi dan Mulut 2021 dengan mengusung jargon yuk #SikatGigiSekarang! 

Kampanye Senyum Sehat untuk Hidup Lebih Sehat adalah respon hasil insight bahwa perilaku hidup bersih sehat selama pandemi memang meningkat, tapi perhatian terhadap kesehatan gigi dan mulut masih terbilang rendah..


Bukan Pepsodent namanya jika tidak melakukan aksi nyata demi mengajak kita menjadi Pahlawan Senyum untuk kesehatan gigi dan mulut keluarga. Dalam gerakan #SikatGigiSekarang! inilah Pepsodent ingin mengingatkan kita lagi bahwa masalah penyakit gigi dan mulut bisa terjadi pada siapa saja, sementara perilaku menyikat gigi tepat waktu masih terbilang sangat rendah, sehingga masyarakat perlu diedukasi untuk mencapai kesehatan gigi dan mulut yg optimal.

Jika seseorang lupa sikat gigi dalam 24 jam, maka akan terjadi fermentasi mikroorganisme yg menyebabkan peradangan gusi, bisa menyebar ke seluruh tubuh..

So, do your best! yuk#SikatGigiSekarang! Tunjukkan dedikasi kita dengan aksi sederhana namun nyata dengan mengajak anggota keluarga kita mewujudkan senyum sehatnya dengan semakin rajin menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam..


48 komentar:

  1. Buat aku yang dulu sering sakit gigi, kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam banyak mengubah hidupku, jadi jarang (bahkan hampir gak pernah) sakit gigi. Thanks sharingnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pernah merasakan sakit gigi kak waktu kecil dulu.. saking sakitnya, aku sampe ga masuk sekolah dan harus ke dokter gigi.. makanya sekarang jadi rajin banget sikat gigi 2x sehari supaya gak sakit gigi lagi..

      Hapus
  2. Setuju banget walaupun dipandang remeh ternyata sikat gigi dua kali sehari itu penting banget untuk kesehatan gigi dan mulut ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. penting banget menjaga kesehatan gigi dan mulut secara rutin setiap hari..

      Hapus
  3. Krn sejak kecil aku udh hrs berurusan Ama dokter gigi, sampe SMU kls 1, aku jd agak trauma utk DTG lagi kesana :D. Dan 1-1 nya jalan supaya ga ush sering2 ke dokter gigi, ya hrs dirawat sedisiplin mungkin giginya.

    Sama kayak wajah, semalam apapun pulang dr kantor, aku ga bakal tidur sebelum mandi termasuk gosok gigi :D. Kumur2 juga kalo perlu. Skr malah jd ga nyaman kalo abis makan siang di kantor, to ga sikat gigi setelahnya. Aku pasti hrs sikat gigi lagi. Apalagi kerjaan yg hrs banyak ketemu nasabah. Malu kalo sampe gigi kotor :D.

    Dulu udh puas banget ngerasain di suntik gusi, dicabutin gigi yg numpuk, pake behel dr 3sd Ampe SMU kls 1 hahahahhaha. Apalagi zaman 90an behel itu blm trend, dan aku udh hrs pake :D. Jd bahan godaan temen2, dibilang RoboCop, gigi besi hahahahha. Makanya aku LBH milih ngerawat gigi mba, drpd lupa sikat gigi dan jd berlubang, trus hrs ke dokter lagi :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seru sekali ceritanya kak sampe diledekin gitu.. tapi ada hikmahnya yaa.. sekarang jadi makin rajin sikat gigi..

      Hapus
  4. Duh iya banget nih mbak. Apalagi pas pandemi kan ngeri ngeri sedep ke dokter gigi. Aku pas awal kehamilan aku paksain sih soalnya ada bolong. Agak bahaya karena bisa merembet kemana-mana dan mempengaruhi janin. Jadi kesehatan gigi & mulut lagi aku jaga sebaik mungkin nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, makanya harus selalu ingat untuk sikat gigi teratur pagi dan malam

      Hapus
  5. Mbaaa makasih banyak udah diingatin, aku yang sehari sampe 3-4 gosok gigi suamiku nih yang kadang lupa hahaha aku jadi sering ingatin dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat kak! gigi dan mulut sehat adalah kunci hidup sehat lho..

      Hapus
  6. saya keluarga pepsodent juga niy dari kecil, sampai sekarang. ibu saya kalau pasta giginya ga pepsodent ga mau pakai, katanya enak di mulut nyaman dan merasa bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaan kita kak.. aku juga dari dulu pake Pepsodent.. udah percaya banget..

      Hapus
  7. Pepsodent ini memang pasta gigi andalan keluarga ku, sejak aku kecil hingga sekarang di keluarga ku pakai pepsodent. Produknya emang bagus dan cocok banget buat menjaga kesehatan gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak.. aku dan keluarga juga ngandalin Pepsodent untuk kebersihan gigi dan mulut..

      Hapus
  8. Mulut dan gigi tak sekadar bagian dari kecantikan manusia tapi adalah alat yang penting untuk memasukan makanan-makanan enak ke dalam tubuh. Sayangnya di sana juga bersarang jutaan bakteri yang kalau tak dijaga dan dirawat sebagai mana mestinya, mulut jadi liabilitas kita. Entah aroma yang tak sedap atau jadi sumber penyakit. Jadi yang mari kita selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi agar bisa melewati hidup ini dengan nyaman ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. yuk kompakan bareng keluarga untuk lebih aware sama kesehatan gigi dan mulut kita.m

      Hapus
  9. Sikat gigi secara teratur memang harus dibiaskaan sejak anak masih kecil, biar giginya selalu terawat hingga dewasa.

    Kalo saya sih sejak dulu pakainya Pepsodent. Gak pernah pakai yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak2 kalo dibiasakan dari kecil untuk rajin sikat gigi pasti nantinya akan selalu ingat untuk mandiri menjaga kesehatan gigi dan mulutnya ya kak..

      Hapus
  10. Dulu waktu kecil sering lupa sikat gigi sebelum tidur, tapi sekarang pas sdh punya anak, wajib banget gosok gigi sebelum tidur, sekalian ngebiasain anak-anak. Apalagi anak-anak udah ngerasain gimana ga enaknya sakit gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. sebenernya simple banget ya sikat gigi itu, tapi masih banyak yg males2

      Hapus
  11. Kebiasaan sikat gigi dua kali sehari ini harus dikampanyekan lagi ya ... sudah banyak yang mulai abai karena fokusnya ke tangan hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. benar tuh.. kebersihan tangan diutamain tp lupa sama kebersihan mulut dan giginya.. jangan sampai deh..

      Hapus
  12. Pepsodent selalu mengingatkan pada kita bahwa menjaga kesehatan gigi itu penting tak hanya di hari kesehatan gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. agree kak.. setiap hari kita harus rajin menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut..

      Hapus
  13. Wahhh, aku paling bawel soal sikat gigi sama anak-anak. Tiap mandi pagi dan sore aku pantau sikat giginya, sampai aku endus mulutnya bau pasta gigi atau enggak.🤭

    BalasHapus
  14. Sikat gigi teratur memang harus dibiasakan sedari kecil sih. Tantang tersendiri untuk orangtua juga sih sebenarnya untuk mengajarkan kebiasaan baik itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, ngajak anak supaya rajin sikat gigi itu memang jd challenge tersendiri.. tapi kalo berhasil membuat mereka sadar untuk bisa mandiri disiplin merawat gigi, Alhamdulillah yaa :)

      Hapus
  15. Pepsodent menjadi salah satu pasta gigi yang paling terkenal brand-nya. Varian rasanya pun beraneka ragam sehingga bisa dijadikan pilihan bagi konsumen

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, bahkan buat anak2 pun tersedia aneka rasa yaa..

      Hapus
  16. masa pandemi tahun lalu, gigi belum di scalling lalu ada gigi geraham yang harus dicabut karena sudah saatnya, duh itu rasanya emang gak enak banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Allah.. semoga tidak terjadi lagi ya sakit gigi itu kak..

      Hapus
  17. pasta gigi pepsodent membersihkan gigi berlubang, memutihkan gigi dan membuat mulut harum, karena pepsodent sudah terbukti di indonesia membersihkan gigi paling bersih

    BalasHapus
  18. Kesehatan gigi dan mulut itu memang sangat penting ya mba, kalau udah sakit gigi duh rasanya ga enak bgt mau makan juga susah. Makannya skrg aku lagi coba mengajarkan pada anakku yg baru tumgi nih untuk rutin sikat gigi hehe

    BalasHapus
  19. selalu apresiasi dengan program dari pepsodent yang tak pernah berhenti untuk mengingatkan kita apalagi dimasa pandemi ini kita harus lebih rajin menjaga kebersihan mulut dan gigi

    BalasHapus
  20. Anak saya yang kedua pernah sakit gigi di saat pandemi. Beneran bikin galau karena takut banget ke dokter gigi di masa seperti ini. Memang kalau bisa jangan sampai sakit gigi, deh.

    BalasHapus
  21. Waduh jangan sampai deh kelupaan gosok gigi. Malah kalau bisa kek org Jepang tu yg tiap abis makan gosok gigi haha
    Kalau aku pribadi selain saat mandi, jg pas sblm wudhu aku sempetin gosok gigi :D

    BalasHapus
  22. sebenarnya anak anakku sudah gosok gigi rutin 2x sehari
    hanya waktunya yg blm tepat, apalagi klo gosok gigi malam sebelum tidur. pada paling mager
    harusnya g boleh ya mbak, biar gigi nggak rusak

    BalasHapus
  23. Nah ini dia, kadang kesehatan gigi dan mulut terabaikan, apalagi di masa pandemi kayak gini.
    Selama pandemi ini ak nggak berani ke dokter gigi, akibatnya belom scaling gigi, padahal juga mau konsultasi juga.
    Selama itu, aku coba merawat gigi dengan gosok gigi secara teratur. Kebetulan Pepsoden pasta gigiku dari zaman dahulu kala...

    BalasHapus
  24. Edukasi yang baik sekali untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi.
    Dari kebiasaan yang baik, semoga akan ada hasil yang baik pula...

    BalasHapus
  25. asliii.. aku pun berusaha banget jaga kesehatan gigi dengan sikat gigi, soalnya aku masih ragu ke dokter gigi karena aku belum vaksin hehe

    BalasHapus
  26. Menjaga kesehatan gigi dan mulut pastinya penting banget, tapi kadang ada sih yg selama pandemi krn di rumah aja jadi males2an buat jaga kesehatan gigi dan mulut

    BalasHapus
  27. kebiasaan sikat gigi memang harus ditanamkan sejak kecil ya, mbak. aku nih sedih banget lihat gigi anakku yang pertama banyak yang bolong karena kurang kuperhatikan dulu. huhu

    BalasHapus
  28. Ini nih yang dirumah kadang paling susah soal sikat gigi malam sebelum tidur..
    Padahal sebelumnya masih makan pancong dan kawan2..


    Memang butuh kesabaran ya mom buat nerapinnya

    BalasHapus
  29. Kesehatan gigi dan mulut sangat perlu untuk terus disosialisasikan dan mengedukasi anak-anak sejak dini ya kak

    BalasHapus
  30. menjaga kesehatan gigi dan mulut emang penting mba apalagi saat pandemi gini kerasa sama aku ke dokter gigi aja dijatah duh karena tiap harinya terbatas

    BalasHapus
  31. Sudah pernah bolak-balik ke dokter gigi, sudah merasakan sakit gigi parah di pesawat, beneran sakitnya lebih sakit dari sakit hati, hehehe… makanya sekarang beneran menjaga kesehatan gigi dan mulut.

    BalasHapus
  32. Kesehatan gigi memang menjadi tantangan tersendiri ya selama pandemi, aku pun agak parno kalo ke dokter gigi di kala seperti ini. Ini bisa jadi solusi tersendiri ya Mba

    BalasHapus